Gelar Event Serba Lokal Fest, KAI Promosikan UMKM melalui Sinergi BUMN

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 25/Mei/2023 14:01 WIB
Bazar sinergi UMKM di Sarinah. Bazar sinergi UMKM di Sarinah.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersinergi dengan Kementerian BUMN, PT Pertamina Gas Negara, dan PT Sarinah menyelenggarakan Bazar UMKM Untuk Indonesia dengan tema Seru-Seruan Bazar Lokal di atrium Plaza Sarinah pada Kamis (25/5) sampai dengan Ahad (28/5). 

Kegiatan ini digelar dalam rangka membantu para pelaku UMKM untuk memperluas akses pasar dan mempromosikan keunggulan produknya.

Baca Juga:
Ayo ke Sarinah! Bazar UMKM KAI Dimulai Sampai 28 Mei 2023

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, dengan adanya Serba Lokal Fest ini melengkapi dukungan KAI dalam mempromosikan berbagai jenis UMKM di daerah. UMKM butuh untuk terus naik kelas, bukan hanya menjadi jawara di daerah tetapi juga berkontribusi secara nasional dan bersaing secara global.

“KAI telah lama mendukung perkembangan UMKM di berbagai daerah melalui ekosistem perkeretaapian yang dimiliki. Kami berkolaborasi dengan berbagai pihak serta terus-menerus menghadirkan inovasi demi memperluas penjualan dan akses pasar bagi UMKM binaan kami,” kata Didiek, Kamis. 

Baca Juga:
Sinergi BUMN, KA Wisata Mak Itam Kembali Beroperasi

Serba Lokal Fest ini melibatkan 88 UMKM dimana 27 di antaranya merupakan UMKM binaan KAI, dengan lini bisnis kuliner, kerajinan, fesyen, dan kecantikan. Acara ini juga menghadirkan berbagai agenda talkshow mengenai UMKM yang dapat memberikan wawasan bagi khalayak luas mengenai strategi dan potensi UMKM di Indonesia. 

Tidak lupa acara ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan doorprize yang akan memberikan kenyamanan bagi para pengunjung Serba Lokal Fest ini. Masyarakat dapat mengunjungi kegiatan ini secara gratis.

Baca Juga:
Gandeng BUMN dan Swasta, DJKA Kembangkan Stasiun Tigaraksa jadi Stasiun Ekstensi TOD

“Melalui event Serba Lokal Fest tersebut diharapkan Mitra Binaan KAI menjadi Naik Kelas dengan memperkenalkan brand dan produknya ke skala nasional, serta menciptakan kepercayaan konsumen terhadap produk-produk UMKM,” ujar Didiek.

Serba Lokal Fest dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting pada Kamis (25/5). Ia mengatakan, UMKM telah menjadi salah satu penyokong utama perekonomian Indonesia dalam melewati berbagai fase perekonomian. Negara harus selalu hadir dalam mendukung dan memberikan solusi komprehensif bagi perkembangan UMKM.

“Serba Lokal Fest ini merupakan suatu langkah yang diinisiasi untuk membantu memperluas akses pasar, yang ke depan diharapkan berorientasi ekspor dan berkontribusi kepada perolehan devisa bagi negara dan perkembangan perekonomian Indonesia,” kata Loto Srinaita Ginting.