Kecepatan KCJB Bakal Tempuh 350 Km/Jam, Dirut KAI: Ini Sejarah untuk Indonesia

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 25/Mei/2023 16:41 WIB
Kereta api cepat Jakarta Bandung. (Foto:KCIC) Kereta api cepat Jakarta Bandung. (Foto:KCIC)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Moda transportasi Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) kecepatannya akan ditingkatkan secara bertahap mencapai 350 Km/jam. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan tranformasi di kereta api khususnya Kereta Api Cepat sangat luar biasa.

Baca Juga:
Dirut KAI Dapat Penghargaan The Best Industry Marketing Champion 2023 Sektor Transportasi

"Ini sejarah loh di indonesia ada perjalanan moda transportasi yang kecepatan mencapai 350 km/jam untuk kereta api. Itu luar biasa ada transformasi. Kita harus bangga ada kereta cepat," ujar Didiek kepada media, saat pembukaan bazar UMKM BUMN di Sarinah, Jakarta, Kamis (25/5/2023). 

Dia mengatakan, saat ini sudah dilaksanakan Testing & Commissioning atau uji coba Kereta Api Cepat dengan kecepatan mencapai 180 Km/jam. Kecepatan tersebut akan ditingkatkan dalam waktu dengan menjadi 350 Km/jam.

Baca Juga:
Pastikan Normalisasi Aman, Dirut KAI Tinjau Penanganan Jalur KA Terdampak Longsor di Banyumas

"Kemarin sudah sampai 180 km/jam, nanti dalam waktu 10 hari mendatang kita akan menempuh 350 km/jam," kata Didiek. 

Kecepatan maksimal akan diuji coba hingga saat Trail Operation atau tes operasi menggunakan penumpang. 

Baca Juga:
Dirut KAI Tinjau Persiapan Akhir Event KAI Expo 2023

Disinggung masalah tarif, Dirut KAI mengatakan saat ini belum ditentukan besaran tarif untuk masyarakat. Namun, pihaknya akan mengeluarkan besaran tarif resmi saat operaional kepada penumpang nantinya..

Waktu Tempuh Stasiun Halim-Galalluar Hanya 50 Menit saat Test Commissioning

Pada Senin (22/5/2023), KCIC melakukan uji coba dengan menggunakan Comprehensive Inspection Train atau Kereta Inspeksi, kecepatan ditingkatkan dari sebelumnya rata-rata 60 km/jam ditingkatkan menjadi 180 km/jam. 

Secara bertahap kecepatan perjalanan pengujian akan ditingkatkan hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km/jam.

Berdasarkan pelaksanaan Testing & Commissioning hari Senin (22/5/2023) lalu, waktu tempuh antara Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar hanya sekitar 50 menit. Nantinya kecepatan akan terus ditambah hingga mencapai puncak kecepatan operasional di 350 km/jam bahkan hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya yaitu hingga 385 km/jam.

Untuk mencapai angka tersebut, pengoperasian CIT akan terus ditingkatkan setiap harinya. Perjalanan dengan CIT difokuskan pada pengetesan integrasi sistem sarana dan prasarana. Seluruh aspek akan dicek apakah fungsinya normal dan dapat dilalui KCJB dengan kecepatan tinggi.(fahmi)