Sinergi Pengembangan Pariwisata Keberlanjutan Lingkungan Maritim, Kemenhub Inisiasi "Lengkuas Initiative"

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 27/Mei/2023 14:53 WIB
Pertemuan Disnav Tanjung Priok dan Pemda Belitung Pertemuan Disnav Tanjung Priok dan Pemda Belitung

 

BELITUNG (BeritaTrans.com) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok menginisiasi "Lengkuas Initiative". 

Baca Juga:
Disnav Tanjung Priok Bangun Ekosistem Pelayanan Berintegritas

Ini merupakan gagasan pengembangan sinergitas Distrik Navigasi Tanjung Priok bersama Pemerintah Daerah dan pihak terkait dengan fokus meningkatkan pelayanan pariwisata di Pulau Lengkuas dan sekitarnya, serta untuk memperkuat Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Perlindungan Lingkungan Maritim.

Kepala Kantor Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok Raymond Sianturi menyebutkan, gagasan ini sedang dimatangkan Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung, dan pihak-pihak terkait lainnya.

Baca Juga:
Resmi jadi BLU, Disnav Tanjung Priok Buka Peluang Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

"Menara Suar Pulau Lengkuas, yang memiliki nilai sejarah tinggi sebagai Historic Lighthouse yang dibangun pada tahun 1883 pada masa kolonial Belanda, menjadi fokus utama dalam upaya pengembangan pariwisata di daerah ini," ujar Raymond saat melaksanakan kunjungan dan rapat kerja di kantor Bupati Belitung, Sabtu (27/5/2023).

Dia mengungkapkan, inisiatif ini lahir setelah keberhasilan mendukung Kabupaten Belitung menjadi tuan rumah delegasi Menteri Pembangunan G20 pada Agustus 2022.

Baca Juga:
Disnav Tanjung Priok Canangkan Promoaksi untuk Tingkatkan Layanan Publik

"Di mana salah satu kegiatannya berada di Menara Suar Pulau Lengkuas," katanya. 

Disnav Tanjung Priok terus meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk Bupati Belitung, Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Dinas PUPR Kabupaten Belitung, DPRD Tingkat II Kabupaten Belitung, Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Kelayang, serta masyarakat pelaku usaha Pariwisata.

Lengkuas Initiative diharapkan dapat menjadi platform efektif untuk menggabungkan peran berbagai pihak serta menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dalam rangka membentuk ekosistem yang saling menunjang di kawasan menara suar Lengkuas dan sekitarnya.

Selain itu memperkuat Kampanye Keselamatan Pelayaran dan Perlindungan Lingkungan Maritim serta meningkatkan pelayanan pariwisata di Pulau Lengkuas dan sekitarnya.

"Inisiatif ini juga mencerminkan peran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam memajukan keselamatan pelayaran, perlindungan lingkungan maritim, dan pariwisata di daerah," ujar dia.

Seiring dengan Lengkuas Initiative, Distrik Navigasi Tipe B Tanjung Priok juga menginisiasi gagasan Lengkuas Care, yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengunjung di Menara Suar Pulau Lengkuas.

Gagasan ini juga berfokus pada kelestarian dan perlindungan lingkungan maritim di kawasan tersebut.

Raymond menegaskan perhatian terhadap aspek keselamatan dan perlindungan lingkungan maritim ini telah melekat dalam prinsip dan tujuan penyelenggaraan bidang kenavigasian sesuai dengan konvensi maupun regulasi tingkat nasional dan internasional yang berlaku.

"Upaya-upaya ini tentu melibatkan peran serta dan perhatian semua pihak, mulai dari pengunjung/ wisatawan, penggiat usaha terkait baik dari kalangan Badan Usaha maupun UMKM, masyarakat sekitar serta pihak-pihak terkait lainnya," ujarnya.

Untuk memudahkan serta menguatkan efektifitas penyampaian pesan kepedulian terhadap aspek keselamatan dan perlindungan lingkungan maritim kepada masyarakat dan pihak-pihak terkait secara meluas, dilakukan metode penyampaian pesan dengan cara-cara yang merakyat dan milennial.

Dengan dukungan Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Disnav Tipe B Tanjung Priok meningkatkan upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dengan mengerahkan Tim Melaut (Millennials of Maritime Ultimate Team) yang merupakan binaan Humas Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut. (omy)