DAMRI Operasikan 178 Armada untuk Layani 157 Ribu Calon Jamaah Haji

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 30/Mei/2023 19:28 WIB
Foto:istimewa/DAMRI Foto:istimewa/DAMRI

JAKARTA (BeritaTrans.com) - DAMRI melalui layanan Angkutan Haji siap memberangkatkan sebanyak lebih dari 157 ribu calon jamaah haji yang terdiri dari 428 kloter. Layanan angkutan haji DAMRI tahun ini bekerja sama dengan Garuda Indonesia dan Ayuberga.

Corporate Secretary DAMRI Akhmad Zulfikri mengatakan bahwa tahun ini DAMRI kembali mengoperasikan program Angkutan Haji yang tersebar di 12 embarkasi Kantor Cabang, di antaranya Jakarta, Bekasi, Banda Aceh, Medan, Padang, Bandung, Palembang, Solo, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, dan Mataram, dalam keterangan tertulis, Selasa (30/5/2023). 

Baca Juga:
DAMRI Gelar Donor Darah Wujudkan Kehidupan Sehat Bagi Sekitar

“Periode Angkutan Haji yang dilayani khusus embarkasi berlangsung sejak 24 Mei hingga 22 Juni 2023, dengan rencana debarkasi akan dilaksanakan pada 3 Juli hingga 3 Agustus 2023. Di tahun ini, DAMRI mengoperasikan sebanyak 150 armada bus dan 28 truk logistik.” tambah Fikri.

Berikut proses embarkasi jamaah haji 2023 di lebih dari 12 daerah dengan armada DAMRI sebagai berikut:

Baca Juga:
DAMRI Jual 89 Ribu Tiket Lebih, Periode Perjalanan Sampai 23 April 2024

 

1. Bandara Soekarno - Hatta (Jakarta/Pondok Gede dan Bekasi)

Baca Juga:
Kurangi Biaya Masyarakat, DAMRI Fasilitasi 7 Armada untuk Mudik PP Gratis di Merauke

Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara embarkasi untuk area Jakarta dan Bekasi. Embarkasi Jakarta memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 24.758 orang, sedangkan embarkasi Bekasi memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 30.235 orang dengan kloter keduanya sebanyak 124 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi.

 

2. Bandara Internasional Iskandar Muda (Banda Aceh)

Bandara Internasional Iskandar Muda merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Banda Aceh dan sekitarnya. Embarkasi Banda Aceh memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 4.433 orang dengan kloter sebanyak 12 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Banda Aceh.

 

3. Bandara Internasional Kualanamu (Medan)

Bandara Internasional Kualanamu merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Medan dan sekitarnya. Embarkasi Medan memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 8.433 orang dengan kloter sebanyak 22 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Medan.

 

4. Bandara Internasional Minangkabau (Padang)

Bandara Internasional Minangkabau merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Padang, Sumatera Barat dan sekitarnya. Embarkasi Padang memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 6.329 orang dengan kloter sebanyak 17 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Padang.

 

5. Bandara Internasional Kertajati 

Bandara Internasional Kertajati merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Majalengka dan sekitarnya. Embarkasi ini memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 8.968 orang dengan kloter sebanyak 19 kloter. 

 

6. Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (Palembang)

Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin merupakan bandara embarkasi untuk area Palembang dan sekitarnya. Embarkasi Pelembang memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 8.192 orang dengan kloter sebanyak 20 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Palembang.

 

7. Bandara Internasional Adi Soemarmo (Solo)

Bandara Internasional Adi Soemarmo merupakan bandara embarkasi untuk area Solo dan sekitarnya. Embarkasi Solo memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 33.994 orang dengan kloter sebanyak 95 kloter. 

 

8. Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (Balikpapan)

Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sepinggan merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Balikpapan dan sekitarnya. Embarkasi Balikpapan memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 5.788 dengan kloter sebanyak 20 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Balikpapan.

 

9. Bandara Internasional Syamsudin Noor (Banjarmasin)

Bandara Internasional Syamsudin Noor merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Banjarmasin dan sekitarnya. Embarkasi Banjarmasin memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 5.505 dengan kloter sebanyak 16 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Banjarmasin.

 

10. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (Makassar)

Bandara Internasional Sultan Hasanuddin merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Makassar dan sekitarnya. Embarkasi Makassar memiliki jumlah jamaah haji sebanyak 15.888 orang dengan kloter sebanyak 41 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Makassar.

 

11. Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok (Mataram)

Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid Lombok merupakan bandara embarkasi jamaah haji untuk area Lombok dan sekitarnya. Embarkasi Lombok memiliki jumlah jemaah haji sebanyak 4.554 orang dengan kloter sebanyak 12 kloter. Lokasi penjemputan jamaah haji terletak di Asrama Haji Lombok. 

 

DAMRI bersama seluruh stakeholders terkait berkomitmen untuk terus mendukung kelancaran peserta jamaah haji dalam pemberangkatan maupun pemulangan jamaah haji tahun 2023. “DAMRI berharap dapat memberikan pelayanan terbaiknya dalam melayani calon jamaah haji tahun ini,” sambung Fikri.

Kebijakan penyelenggaraan Angkutan Jemaah Haji tahun 2023 (1444 H) yang dilayani DAMRI ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan kepada pengguna jasa layanan transportasi DAMRI, khususnya calon jamaah haji maupun barang bawaannya secara tertib, aman, cepat, nyaman, dan selamat.(ahmad)