Lantik 577 Perwira Poltekpel Malahayati, Kepala BPSDMP: Pentingnya Sinergitas dan Kolaborasi

  • Oleh : Naomy

Kamis, 01/Jun/2023 05:41 WIB
Kepala BPSDMP saat melantik Perwira Poltekpel Malahayati Kepala BPSDMP saat melantik Perwira Poltekpel Malahayati

ACEH BESAR (BeritaTrans.com) - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono menjadi Inspektur Upacara Wisuda dan Bon Voyage Perwira Transportasi Laut Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati, Aceh Besar di Lapangan Upacara Kampus, Rabu (32/5/2023).

"Dalam dunia kerja dan industri khususnya maritim yang selalu terus berkembang, sinergitas adalah kunci kesuksesan," tegasnya.

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Kolaborasi yang erat antara individu dan kelompok, menghasilkan sinergi yang memungkinkan kita untuk mencapai hasil yang lebih besar dari pada yang bisa dicapai secara individu.

Dia mengatakan, melalui tema Sinergitas Peran  Dudika (Dunia Usaha, Dunia Industri, dan Dunia Kerja) Menuju SDM Maritim yang Unggul, Berprestasi dan Berdaya Saing Global ini, diharapkan tercapai pemahaman bersama bahwa SDM Maritim yang berkualitas adalah pondasi yang kuat dalam menghadapi persaingan global yang semakin ketat di era masa kini.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

"Saya berharap apa yang sudah para perwira transportasi dapatkan selama menjalani kuliah di Poltekpel Malahayati dapat menjadi bekal dalam berfikir dan bertindak sebagai insan intelektual yang mengedepankan perilaku yang bermartabat dan berbudaya," jelasnya.

Perwira transportasi menurutnya, tidak hanya kompeten dan profesional dalam bekerja, tapi juga bertanggungjawab untuk memastikan bahwa apa yang dilakukan selalu memperhatikan prinsip-prinsip sustainability.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

"Saya mengajak seluruh perwira transportasi untuk terus berupaya dalam mewujudkan sustainability dalam industri maritim global melalui upaya-upaya yang dapat memperbaiki kualitas lingkungan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman," lanjutnya.

Djoko menyampaikan selamat kepada para wisudawan beserta keluarga atas pencapaiannya dalam menyelesaikan pendidikan di Poltekpel Malahayati. 

"Selamat kepada para wisudawan atas kesuksesan kalian hari ini. Semoga dapat meraih keberhasilan yang lebih besar lagi di masa depan dan menjadi inspirasi bagi generasi yang akan datang. Teruslah berjuang dan berkarya untuk bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya.

Direktur Poltekpel Malahayati, Capt. Dedy Kurniadi dalam laporannya menyampaikan bahwa para lulusan sejumlah 577 orang.

Terdiri dari Program Diploma III Diklat Pembentukan Tingkat III sebanyak 119 orang, Program Non Diploma Diklat Pembentukan Tingkat III sebanyak 7 orang, Program Non Diploma Diklat Pembentukan Tingkat IV sebanyak 7 orang dan Program DP-III Peningkatan sebanyak 444 orang. 

Turut hadir dalam acara Wisuda dan Bon Voyage Perwira Transportasi Laut Forkompinda, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, Kepala Dinas Perhubungan Kota Banda Aceh, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Provinsi Aceh, Kepala Basarnas Kota Banda Aceh, Komandan Pangkalan TNI AL Sabang, Kepala Distrik Navigasi Sabang, Kepala KSOP Sabang, Kepala KSOP Malahayati, Kepala ASDP Cabang Malahayati, KSU Belawan, dan KSOP Meulaboh. (omy)