Jadwal KRL Nambah dan Makin Ngebut Nih, Kemana Kita Jalan-Jalan Liburan Ini?

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 01/Jun/2023 09:45 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 akan mulai diberlakukan pada hari ini, Kamis 1 Juni 2023 yang juga bertepatan pada hari libur nasional Hari Kesaktian Pancasila. 

Layanan KRL Jabodetabek akan bertambah menjadi 1.133 perjalanan per hari, dan juga waktu tempuh serta waktu tunggu di stasiun makin singkat.

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Hal itu diungkapkan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam konferensi pers di kantor KAI Commuter Juanda, Jakarta Pusat (29/5/2023).

"Di 1 Juni kami akan melayani 1.133 perjalanan dengan mengoperasionalkan 98 trainset yang beredar di rel," kata Anne.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Jumlah perjalanan tersebut yaitu Commuter Line Bogor 420 perjalanan/hari, Commuter Line Cikarang 282 perjalanan/hari, Commuter Line Rangkasbitung 221 perjalanan/hari, Commuter Line Tangerang 124 perjalanan/hari, dan Commuter Line Tanjung Priok 86 perjalanan/hari.

Dengan adanya penambahan perjalanan, akan memangkas waktu tunggu (headway) KRL. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

Adapun rata-rata headway per 1 Juni 2023 pada Commuter Line Bogor 5 menit, Commuter Line Cikarang 9 menit, Commuter Line Rangkasbitung 12 menit, Commuter Line Tangerang 18 menit, dan Commuter Line Tanjung Priok 18 menit.

Selain itu, Anne mengatakan pihaknya akan memperpanjang 16 perjalanan dari yang biasanya melayani rute Stasiun Rangkasbitung-Stasiun Parung Panjang dan sebaliknya jadi sampai Stasiun Tanah Abang. Hal ini dilakukan karena adanya pertumbuhan volume penumpang jalur Rangkasbitung-Tanah Abang.

Adanya penambahan perjalanan khususnya di jalur Rangkasbitung-Tanah Abang akan membuat waktu tunggu kereta menjadi lebih singkat.

"Kemudian untuk Commuter Line Rangkasbitung pasti tahu kalau dulu (waktu tunggu) bisa 1 jam, 30 menit, 40 menit kini bisa 12 menit untuk headway paling kecilnya," paparnya.(fahmi)