Kendaraan Wisatawan Padati Jalur Puncak, Polisi Terapkan One Way

  • Oleh : Bondan

Kamis, 01/Jun/2023 10:56 WIB
Kondisi arus lalulintas kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, mulai diserbu wisatawan saat libur long weekend pada Kamis pagi. Kondisi arus lalulintas kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, mulai diserbu wisatawan saat libur long weekend pada Kamis pagi.

BOGOR (BeritaTrans.com) -- Kondisi arus lalulintas kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, mulai diserbu wisatawan saat libur long weekend pada Kamis pagi. Untuk mengurai kepadatan, polisi menerapkan sistem satu arah (one way) ke arah Puncak.

“Kami melaporkan update situasi di kawasan wisata Puncak pada hari pertama liburan long weekend ini untuk arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak terjadi peningkatan dibanding hari biasa,” kata Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, Kamis (1/6/2023).

Baca Juga:
One way di Tol Trans Jawa Dihentikan, Lalu Lintas Kembali Normal

“Oleh karena itu, baru saja kita melaksanakan one way arah Puncak setelah sebelumnya kita melaksanakan ganjil-genap yang dimulai dari kemarin,” tambahnya.

One way akan dilakukan secara situasional melihat volume kendaraan di Puncak. One way diterapkan jika volume kendaraan meningkat.

Baca Juga:
Arus Balik Mudik, One Way di Tol Semarang sampai Kalikangkung Diberlakukan

“Kita lihat apabila diperlukan atau dibutuhkan pelaksanaan one way, kita akan mainkan,” terangnya.

Biasanya, pagi hari dilaksanakan one way ke arah atas atau Puncak. Sementara, pada siang hari dilaksanakan one way ke arah bawah atau Jakarta.

Baca Juga:
Tol Semarang Macet, Sistem Satu Arah Diterapkan dari KM 428 Sampai Exit Bawen

“Jadi biasanya pagi hari kita laksanakan one way arah atas untuk melakukan penarikan arus, sedangkan siang hari untuk pengurasan arus kita tarik ke bawah,” jelasnya.

Sebanyak 200 personel kepolisian disiagakan selama masa long weekend di Jalan Raya Puncak sepanjang 22 Km (kilometer). Terdapat empat pos pengamanan yang disiapkan.

Kondisi di Simpang Gadog, pagi, kendaraan menuju Puncak didominasi pelat B. Kendaraan tampak padat baik dari arah Tol Gadog maupun Ciawi. (Dan)