Lulusan BP3IP Jakarta Harus Utamakan Keselamatan, Keamanan, dan Perlindungan Lingkungan Laut

  • Oleh : Naomy

Selasa, 06/Jun/2023 06:51 WIB
Bon Voyage BP3IP Jakarta Bon Voyage BP3IP Jakarta

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Lulusan Perwira Transportasi harus memiliki kompetensi yang dapat diandalkan baik pendidikan, pengalaman, keterampilan dan attitude. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono pada saat memimpin Upacara Bon Voyage ke-67 dan Pelepasan Perwira Transportasi Laut ke-57 Balai Besar Pendidikan Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta pada Rabu (5/6/2023). 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Dia mengungkapkan bahwa dengan kompetensi dan semangat tinggi untuk maju, komitmen juga menjadi elemen penting untuk menjadikan perwira pelayaran pelaut unggul baik pada perairan Indonesia maupun ocean going.

“Pada era mendatang tantangan yang akan dihadapi semakin berat, oleh karena itu kita semua harus selalu produktif dan aktif dalam meningkatkan kemampuan diri sebagai pelaut profesional yang mampu bersaing secara global,” ungkapnya. 

Baca Juga:
Pimpin Wisuda 965 Lulusan STIP Jakarta, Capt. Wisnu: Ayo Cintai Museum Transportasi

Djoko menyampaikan, sebagai bangsa maritim yang memiliki potensi besar, Indonesia akan sangat mampu menjadi salah satu dari empat raksasa ekonomi dunia. 

“Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang saat ini di atas 6%, membuktikan bahwa Indonesia telah bisa mengelola pandemi ini dengan baik," katanya. 

Baca Juga:
Plt. Kepala BPSDMP Imbau Lulusan PIP Makassar Jadi Agen Perubahan Keselamatan Pelayaran

Dia menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi tidak lepas dari peran para pelaut yang menjaga pergerakan ekspor yang menandakan bahwa transportasi terus bergerak tanpa henti.  

“Para pelaut telah menjadi bagian penting agar perekonomian tetap terus berlangsung khususnya bagi Indonesia yang adalah negara kepulauan,” tambahnya. 

Selanjutnya selaras dengan International Maritime Organization (IMO) World Maritime Day theme 2023 yaitu “MARPOL at 50 - Our Commitment Goes On” yang menyoroti International Convention for the Prevention of Pollution from Ships (MARPOL), Bon Voyage BP3IP Jakarta kali ini, juga  mengusung tema senada dengan harapan nantinya para lulusan dapat mewujudkan pelayaran yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

"Perwira pelayaran harus berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, keamanan dan pencegahan pencemaran lingkungan laut," ujar Djoko.

Dia mengucapkan selamat kepada peserta Bon Voyage ke-67 dan Pelepasan Perwira Transportasi Pelayaran ke-57 yang telah berhasil melalui rangkaian Pendidikan dan Pelatihan Kepelautan Tingkat I dan II di BP3IP Jakarta.

Dia meyakini bahwa para lulusan memiliki kompetensi dan mampu melaksanakan tugas di atas kapal serta menyelesaikan permasalahan dengan tangguh dan andal dengan nilai-nilai budaya bangsa Indonesia yang merupakan bangsa maritim.

Pada Bon Voyage dan Pelepasan Perwira Transportasi ini, BP3IP Jakarta sebanyak 99 lulusan diklat pelaut dilantik. Terdiri dari Diklat Pelaut Tingkat I Bidang Keahlian Nautika dan Teknika sebanyak 74 orang, Diklat Pelaut Tingkat II Bidang Keahlian Nautika dan Teknika sebanyak 25 Orang. 

Direktur BP3IP Jakarta, M. Murdiyanto mengatakan, para lulusan telah mengikuti pendidikan dan pelatihan dengan sistem dan metode pembelajaran yang mencakup tiga kriteria kompetensi, yaitu kompetensi profesional, kompetensi nilai dan sikap, serta kompetensi untuk siap menghadapi perubahan. (omy)