AirNav Indonesia Gandeng Poltekbang Medan Tingkatkan Kualitas SDM

  • Oleh : Naomy

Selasa, 06/Jun/2023 17:58 WIB
Sinergi Airnav-Poltekbang Medan Sinergi Airnav-Poltekbang Medan

 

NIAS (BeritaTrans.com) – AirNav Indonesia sebagai satu-satunya lembaga yang memberikan layanan navigasi penerbangan di Indonesia, ikut peduli terhadap pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar bandara. 

Baca Juga:
Kepala BPSDMP: Lulusan Poltekbang Medan Dituntut Terus Asah Kreativitas dan Berinovasi

Dalam rangka mewujudkan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) di bidang pendidikan, AirNav Indonesia melakukan pelatihan masyarakat di bidang kelistrikan di dua lokasi Nias dan Takengon sesuai dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan dengan total beasiswa sebesar Rp300.000.000.

Acara pembukaan pelatihan perawatan dan perbaikan AC dilakukan di Bandara Binaka - Nias, Senin (5/6/2023).

Baca Juga:
AirNav Sinergi dengan PPSDM Perhubungan Udara Menuju SDM Unggul

Pelatihan ini berlangsung selama lima hari sampai dengan 9 Juni 2023. 

AirNav Indonesia diwakili Farchan Jamil selaku Manajer TJSL AirNav Indonesia, sedangkan Poltekbang Medan diwakili Sukarwoto selaku Direktur Poktekbang Medan. 

Baca Juga:
Airnav Siap Cetak SDM Navigasi Penerbangan Berkualitas Tinggi

Sebelumnya AirNav bersama dengan Poltekbang Medan juga telah melaksanakan pelatihan teknik las listrik di Bandara Rembele, Takengon pada 22 – 29 Mei 2023 di mana peserta diklat setelah menyelesaikan pendidikan mendapatkan sertifikasi BNSP K3 dan sertifikasi kompetensi las listrik.

"Pelatihan masyarakat di dua lokasi ini berisi program pelatihan padat karya, bagi pengembangan masyarakat setempat sebagai komitmen BUMN agar dapat berperan langsung terhadap peningkatan kompetensi dan kemampuan kewirausahaan masyarakat," kata Farchan, Selasa (6/6/2023). 

Pemilihan materi dan lokasi pelatihan-pelatihan ini mempertimbangkan kebutuhan masyarakat setempat, sehingga menghasilkan SDM yang berdaya guna. 

Pelatihan ini juga dapat membawa manfaat berkelanjutan dalam sektor transportasi udara, karena erat kaitannya dengan kegiatan navigasi penerbangan dan kebandar udaraan.

Sebagai lembaga penyedia pelatihan dan pendidikan, Poltekbang Medan, nantinya akan bertanggungjawab menyediakan dan mengirim tenaga pengajar yang kompeten. 

Tenaga pengajar dari Poltekbang tersebut akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar, di dua lokasi yang telah disepakati dalam Perjanjian Kerja Sama ini.

Kerja sama antara AirNav dan Poltekbang Medan dilakukan di dua kota, yaitu Nias dan Takengon dengan masing-masing peserta berjumlah 20 orang.

Di Nias, AirNav membiayai pelatihan teknik instalasi dan perawatan AC bandara dengan nilai anggaran sebesar Rp150.000.000. 

"Sedangkan di Kota takengon, AirNav membiayai pelatihan teknik las listrik bandara dan pelatihan  BNSP K3 dengan nilai anggaran sebesar Rp150.000.000," ujarnya.

Perjanjian Kerja sama ini akan berlaku sepanjang tahun 2023 dan memungkinkan untuk diperpanjang kembali apabila manfaat yang diperoleh berdampak besar bagi masyarakat. 

“Pelaksanaan program ini didasarkan pada amanat pemerintah terkait pemberdayaan untuk peningkatan kompetensi bagi masyarakat yang masuk dalam kategori 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar)” ujar Farchan. 

Melalui program ini, diharapkan perekonomian serta peluang pekerjaan di masyarakat setempat dapat meningkat dan dari program ini peserta diharapkan dapat memiliki jiwa kewirausahaan sehingga terciptanya kemandirian untuk membuka lapangan kerja. (omy)