Gandeng Stakeholder, Subholding Pelindo Gelar Aksi Bersih Pantai

  • Oleh : Ahmad

Sabtu, 10/Jun/2023 20:46 WIB
Foto:istimewa/SPSL Foto:istimewa/SPSL

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelindo Solusi Logistik atau SPSL yang merupakan subholding BUMN Kepelabuhanan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menggelar aksi bersih pantai atau coastal clean up (CCU) di Pantai Timur Ancol Jakarta, Sabtu (10/6).

Baca Juga:
H+12 Lebaran 2024, Pelindo Regional 4 Catat 667.012 Penumpang Naik dan Turun di Pelabuhan Timur Indonesia

Sebanyak 2,2 ton sampah baik organik maupun anorganik berhasil dikumpulkan dalam kegiatan bersih-bersih pantai tersebut. Dari sampah yang berhasil dikumpulkan sekitar 94 persen merupakan sampah plastik. Hal ini menjadi salah satu fakta bahwa kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih tergolong rendah. 

Kegiatan bersih-bersih pantai (CCU) dengan tema “Solusi untuk Polusi Plastik (Solutions to Plastic Pollution) serta mengusung kampanye #beatplasticpollution, merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial (TJSL) Bidang Prioritas Lingkungan yang dilaksanakan SPSL dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 dan juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik.

Baca Juga:
Tingkatkan Kapasitas Bongkar Muat Curah Kering, Pelindo Tambah 2 Unit Mini Bulldozer

“Kegiatan kolaborasi antara SPSL, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2, masyarakat sekitar, serta stakeholder yakni Kecamatan Pademangan dan Kelurahan setempat ini melibatkan 130 peserta. Sejumlah 54 orang pekerja Pelindo group turut berpartisipasi aktif sebagai bagian dari implementasi Employee Social Responsibility (ESR),” Ujar SVP SDM dan Umum PT Pelindo Solusi Logistik Edy Purwanto.

Baca Juga:
Pelindo Group Wilayah Kerja Makassar Gelar Halal Bihalal Idulfitri 1445 H

Turut hadir dalam kegiatan bersih-bersih pantai Camat Kecamatan Pademangan, Drs. Didit Mulyadi, MA., Sekretaris Camat Pademangan beserta unsur Muspika, Lurah Kelurahan Ancol, Lurah Kelurahan Pademangan Timur, Lurah Kelurahan Pademangan Barat, Department Head Lingkungan Pelindo, General Manager Sunda Kelapa Pelindo Regional 2, Departemen Head HSSE Pelindo Regional 2, Department Head Hukum dan Hubungan Masyarakat Pelindo Regional 2.

Didit Mulyadi mengatakan perlu adanya kolaborasi guna mendorong masyarakat untuk menanamkan pengetahuan dan kesadaran dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, hijau dan bebas dari sampah plastik.

“Kami mengucapkan terima kasih dan kami sangat mendukung program TJSL yang digelar oleh Pelindo Group. Mari kita bersama menjaga dan melestarikan lingkungan, dan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mempunyai dampak yang positif,” Ujar Didit Mulyadi.

“Sebagai Sub Holding BUMN, kami akan terus berkomitmen untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial dan lingkungan yang sejalan dengan program Pemerintah yakni target pencapaian zero waste 2040, serta zero emission pada tahun 2050 atau lebih cepat,” tutup Edy Purwanto.(ahmad)