Menhub Doakan Jamaah Umrah Selamat dan Sehat

  • Oleh : Naomy

Minggu, 01/Nov/2020 13:33 WIB


JAKARTA (BeritaTrans.com) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik telah dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia oleh Pemerintah Arab Saudi mulai hari ini (1/11/2020).

Menhub medoakan para Jamaah selamat dan sehat serta dapat menjalankan ibadah umrah dengan mabrur dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.Kami turut senang dengan dibukanya kembali penerbangan umrah dari Indonesia.

Baca Juga:
Bandara Kertajati Beroperasi Penuh Hari Ini, Permudah Penerbangan Umrah Bagi Masyarakat Jawa Barat

"Kami meminta para jamaah tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan selama di pesawat maupun saat beribadah. Semoga ibadahnya mabrur dan tetap sehat", jelas Menhub di Jakarta,

Pemerintah Arab Saudi saat ini telah memberlakukan pemberian alokasi visa umroh saat dalam sistem e-umroh.

Baca Juga:
Penumpang di Bandara Kertajati: Dari Tasikmalaya Lebih Cepat 2 Jam daripada harus Ke Bandung

Berdasarkan informasi dari Atase Perhubungan Indonesia di Jedah, untuk sementara yang diizinkan membawa umrah adalah maskapai asal Arab Saudi yaitu Saudi Airlines, yang berlaku untuk semua negara asal Jamaah yang disinggahi maskapai tersebut.Seperti di Timur Tengah, Eropa, Amerka Serikat, Asia, dan Afrika.

Langkah ini sebagai uji coba Pemerintah Saudi untuk mempermudah kontrol pemberlakuan protokol kesehatan. Uji coba dilakukan selama November-Desember.

Baca Juga:
Data OAG: Bandara Soekarno-Hatta Tertinggi di Pasar Penerbangan Asia Tenggara, Changi Nomor Dua

Kemenhub telah berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan juga dengan Otoritas Penerbangan Arab Saudi, agar maskapai penerbangan nasional dapat juga mengangkut penerbangan umroh, dan dapat disertakan ke dalam sistem e-umroh.

Sebagai informasi, keberangkatan perdana jamaah umrah dari Indonesia sudah dimulai pada Minggu (1/11/2020) pukul 10.45 WIB. (omy)