Pelabuhan Patimban Buka 200.000 Lapangan Kerja, Kemenhub akan Bangun Politeknik Kemaritiman di Subang

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 28/Nov/2020 02:03 WIB
Budi Karya punya rencana membangun Politeknik Kemaritiman di Jawa Barat. Politeknik ini nantinya bagian dari Pelabuhan Patimban. Budi Karya punya rencana membangun Politeknik Kemaritiman di Jawa Barat. Politeknik ini nantinya bagian dari Pelabuhan Patimban.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan banyaknya potensi lapangan kerja baru yang tercipta dari keberadaan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

"Kami optimistis bahwa Patimban ini memberikan suatu efek yang luar biasa bahkan kita harapkan paling tidak 200.000 lapangan pekerjaan baru. Oleh karenanya kami mengapresiasi Pemda Jabar, Pemda Subang yang memberikan dukungan," ujar Budi Karya dalam sebuah webinar, Jumat (27/11/20).

Baca Juga:
Dirjen Agus Optimistis Pelayaran LDF Majukan Pelabuhan Patimban

Demi memenuhi kebutuhan tenaga kerja itu, Budi Karya punya rencana membangun Politeknik Kemaritiman di Jawa Barat. Politeknik ini nantinya bagian dari Pelabuhan Patimban.

"Ini kita butuhkan untuk meningkatkan SDM khususnya anak-anak muda di Jawa Barat di Subang kita berikan kesempatan. Kita kerjasama dengan pak Emil dari Jawa Barat dan kita Kementerian Perhubungan turut serta. Informasinya kita akan kerjasama dengan Akademi Maritim dari Glasgow," katanya.

Baca Juga:
Pelabuhan Patimban Bergeliat, ASDP Mulai Operasikan KMP Ferrindo 5 Rute Patimban-Panjang

Ia menyebut, saat ini pemerintah sudah memiliki 12 sekolah maritim. Menurutnya jumlah itu tidak cukup mengingat banyaknya kebutuhan SDM mumpuni di masa depan.

"Kita butuh 3.000 perwira, ratusan Pelabuhan membutuhkan itu, ratusan juta kapal membutuhkan itu. Oleh karenanya, kami dari BPSDM Perhubungan, sekolah-sekolah akan meningkatkan, dan khususnya yang ada di Patimban, kita memberikan segala kemampuan sebagai pengelola bahari," katanya.

Baca Juga:
Duet Pelabuhan Patimban dan Priok Bisa Kalahkan Shanghai dan Singapura

"Bagi mereka yang berprofesi sebagai nelayan pun kita berikan pendidikan. Dan juga khususnya operator pendukung dari Patimban itu sendiri," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, Budi Karya juga mengapresiasi Pemda Jabar yang merencanakan 13 kota baru. Ada yang di Cirebon, Patimban, Majalengka, yang dinamakan Rebana metropolitan.

"Rebana ini adalah pusat industri baru dari Jawa Barat yang terdiri dari 7 daerah. Sumedang, Majalengka, Subang, Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Kota Cirebon sendiri," ujarnya.

"Kalau kita lihat, apa yang dilakukan kita tidak saja bicara tentang fisik. Tetapi unsur men-develop manusianya menjadi lebih penting. Sekarang pun kami sudah memberikan diklat-diklat. Diklat kewirausahaan, membentuk koperasi bahkan ibu-ibu mengajari latihan untuk kerajinan. Dan itu diberikan kepada wanita-wanita, ibu-ibu yang ada di sekitar Patimban. Kita harapkan kita nanti akan buat kompetisi dari desa-desa itu bisa membuat apa," kata Budi Karya.