Hari Disabilitas Internasional, Pengamat: Saatnya Tingkatkan Sarpras Transportasi Pendukung

  • Oleh : Naomy

Kamis, 03/Des/2020 12:20 WIB
Ilustrasi perhatian pada disabilitas di bandara (IG DJPU) Ilustrasi perhatian pada disabilitas di bandara (IG DJPU)


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Hari ini (3/12/2020) merupakan Hari Disabilitas Internasional yang diperingati seluruh dunia.

Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menyampaikan bahwa momen ini menjadi saatnya meningkatkan sarana dan prasana transportasi untuk mendukung dan ramah kaum disabilitas.

Baca Juga:
Djoko Setijowarno: Mengagumi Pelayanan Bus Batik Solo Trans yang Didanai 100% Ditjen Perhubungan Darat

"Perkembangan peningkatan terharao sarana dan prasarana transportasi untuk disabilitas pasti ada, namun perlu ditingkatkan.

Hal ini kata dia, mengingat masih banyak juga Pemda yang kurang peduli sarana dan prasarana transportasi bagi disabilitas.

Baca Juga:
MTI: Simpang Siur Boleh Tidak Ojol Bawa Penumpang Bikin Bingung

Seperti diketahui Kementerian Perhubungan terus mendorong agar semua pihak terkait layanan transportasi agar memberikan perhatian kepada kaum disabilitas.

Misalnya saja pada moda kereta rel listrik (KRL) di mana ada area tempat duduk untuk yang membutuhkan seperti ibu hamil, manula, hingga disabilitas.

Baca Juga:
Djoko Setijowarno: Junjung Keselamatan di Jalan Tol Layang Cikampek

Begitu juga bus dengan fasilitas yang memudahkan kaum disabilitas dalam bertransportasi umum, meski belum semua armada menyiapkan akses tersebut.

Area pejalan kaki yang diberikan tanda khusus berwarna kuning untuk kaum disabilitas.

"Masih minimnya perhatian Pemda, maka perlu diadakan bimbingan teknis akan kebutuhan disabilitas pada sarpras transportasi," kata Djoko.

Begitu juga sarana pendukung seperti kursi roda di terminal, stasiun, pelabuhan, dan bandara. Hal itu untuk memudahkan layanan pada pengguna jasa menuju moda yang akan ditumpanginya. (omy)