Pesawat Airbus A319-115 Avianca Tabrak Balon saat Hendak Mendarat

  • Oleh : Redaksi

Sabtu, 02/Janu/2021 12:53 WIB
 Pesawat yang dikirim ke Avianca pada tahun 2012 itu tidak mengalami kerusakan akibat insiden tersebut. Di dalam pesawat, semua orang juga aman. Pesawat yang dikirim ke Avianca pada tahun 2012 itu tidak mengalami kerusakan akibat insiden tersebut. Di dalam pesawat, semua orang juga aman.

BOGOTA (BeritaTrans.com) - Pada  31 Desember 2020, pesawat Avianca  turun ke Bandara Internasional Bogota ketika menabrak balon yang penuh dengan pita Malam Tahun Baru. 

Pita dan balon menjadi kusut di pesawat, yang bisa mendarat dengan selamat.

Dapat dikatakan bahwa penerbangan AV29 Avianca sangat beruntung dapat mendarat di Bogota. Gambar yang menunjukkan tingkat keterikatan pita di seluruh sayap, roda, dan bahkan mesin pesawat sangat menakjubkan.

Saat dalam penerbangan, pilot tidak menyebut insiden tersebut sebagai darurat. Meski begitu, saat pesawat mendarat, otoritas bandara memperlakukan situasi sebagai satu kesatuan. Petugas pemadam kebakaran tiba di landasan pacu 13L bandara Kolombia, dan pemerintah telah meluncurkan penyelidikan.

Karena parahnya insiden tersebut, otoritas sipil Kolombia mengeluarkan pernyataan yang menyerukan agar orang-orang berhenti menembakkan kembang api di dekat bandara. Itu menulis,

“Tolong berkontribusi untuk keselamatan operasional dengan menghindari penembakan piroteknik di dekat bandara, karena dapat mempengaruhi operasi udara dengan mencapai mesin atau badan pesawat pesawat apa pun dan menimbulkan kebakaran.”

Avianca mengoperasikan penerbangan AV29 antara Orlando dan Bogota menggunakan Airbus A319-115. Pendaftaran pesawat adalah N557AV.

Pesawat tersebut berangkat dari Florida pada pukul 17.00 waktu setempat. Menurut surat kabar Kolombia El Tiempo, AV29 mendarat di Bogota pada 20:15 waktu setempat. Pesawat yang dikirim ke Avianca pada tahun 2012 itu tidak mengalami kerusakan akibat insiden tersebut. Di dalam pesawat, semua orang juga aman.

Insiden dan kecelakaan lain seperti ini
Dalam beberapa tahun terakhir, kami mendapat berita tentang banyak benda terbang yang hampir menabrak pesawat komersial. Apakah ini drone, balon, atau bahkan pria dengan jetpack, semuanya merupakan ancaman bagi pesawat komersial.

Misalnya, pada 2019, sebuah penerbangan Air Canada Rouge mengalami insiden dengan balon cuaca. Penerbangan antara Barbados dan Kanada sedang terbang di atas Scranton, Pennsylvania, ketika menabrak balon.

Untungnya bagi semua yang terlibat, pesawat tersebut tidak mengalami kerusakan dan mendarat dengan sempurna di Toronto.

Setahun sebelumnya, Boeing 737 milik Aeromexico menabrak drone saat terbang antara Guadalajara dan Tijuana.

Tidak seperti insiden lain yang telah kita diskusikan, hal ini menyebabkan beberapa kerusakan pada pesawat. Serangan ke hidung merusak radio dan peralatan komunikasi 737 Aeromexico. Pesawat mendarat dengan selamat.

Sumber: simpleflying.com.