Meski Dikecam, Reli Dakar Arab Saudi Tetap Diselenggarakan

  • Oleh : Bondan

Sabtu, 02/Janu/2021 21:36 WIB
Foto: Inews.id Foto: Inews.id

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Reli Dakar dimulai Sabtu (2/1/2021) di Arab Saudi. Ini kedua kali acara yang paling melelahkan di dunia dalam kalender olahraga motor itu diadakan di kerajaan itu di tengah tuduhan berkelanjutan bahwa Saudi menggelar acara olahraga itu untuk mengalihkan isu HAM.

Diluncurkan pada 1979 antara Paris dan, ibu kota Senegal, Dakar, olahraga yang menguras ketahanan fisik itu beralih ke Arab Saudi untuk pertama kalinya tahun lalu setelah 10 tahun di Amerika Selatan. Peralihan itu memicu reaksi marah dari organisasi HAM.

Baca Juga:
Harumkan Bangsa Indonesia, Pereli Wanita Lody Natasha dan Sasty Laksamana Sukses Naik Podium di RAAT Thailand Rally Championship 2023

Penyelenggara Reli Dakar, sebagaimana dilansir dari AFP, membela pilihan mereka atas Arab Saudi sebagai tuan rumah. Menurut mereka, sebagai bagian dari "visi 2030" untuk meningkatkan keterbukaan, baru-baru ini Saudi mengadakan pertandingan sepak bola dan tinju dan tahun ini akan mengadakan grand prix Formula Satu untuk pertama kali.

Reli Dakar akan dimulai dengan etape pembuka, Sabtu (2/1/2021), sebelum 12 tahapan, dengan hari istirahat pada 9 Januari. Reli itu dimulai dan diakhiri di Jeddah. (VoaIndonesia.com)

Baca Juga:
Selain WSBK dan MotoGP, Sirkuit Mandalika Gelar ARRC Tahun Ini