30 Pejabat China Dihukum atas Kecelakaan Ledakan Kapal Tanker

  • Oleh : Redaksi

Senin, 04/Janu/2021 22:25 WIB
Foto: ilustrasi Foto: ilustrasi

RUI'AN (BeritaTrans.com) - Sebanyak 30 pejabat China dihukum atas insiden ledakan kapal tanker yang menewaskan 20 orang dan melukai 175 orang lainnya di Provinsi Zhejiang, China timur, menurut laporan investigasi.

Dilansir dari Shanghai Daily, dari 30 pejabat yang dihukum, tiga orang di antaranya merupakan penegak hukum dari Biro Transportasi Kota Rui'an dan dua petugas polisi lalu lintas.

Baca Juga:
Kapal Meledak di Samarinda, Kesaksian Warga hingga 3 Pekerja Hilang

Pejabat lainnya termasuk Ketua Partai Ma Shengcong dan Wali Kota Rui'an, Qin Xiao. Keduanya diberi peringatan kedisiplinan, penurunan pangkat, dan hukuman lain berdasarkan laporan dari Departemen Manajemen Darurat Provinsi Zhejiang pada Kamis (4/1/2021).

Insiden itu terjadi pada 13 Juni 2020, kapal tanker berisi gas alam yang dicairkan itu meledak di dekat sebuah desa di Kota Wenling, bagian jalan Tol Shenyang-Haikou, menyebabkan korban jiwa dan kerugian ekonomi sebesar 94,8 juta yuan atau sekitar 14,5 juta dollar AS.

Kecelakaan itu disebabkan oleh laju kencang kapal tanker saat berbelok, ungkap laporan. Pemantauan keselamatan kapal juga lemah dan manajemen operasional perusahaan yang berbasis di Rui'an juga tidak teratur.

Adapun empat karyawan perusahaan dan tiga orang lain telah ditahan atas kecelakaan tersebut.

(lia/sumber:kompas.com)