Trans Koetaradja Uji Coba Bus Listrik untuk Angkutan Umum di Aceh

  • Oleh : Bondan

Rabu, 06/Janu/2021 00:06 WIB
Bus listrik BYD tipe C6 saat uji coba di Banda Aceh. Foto: Kumparan.com Bus listrik BYD tipe C6 saat uji coba di Banda Aceh. Foto: Kumparan.com

BANDA ACEH (BeritaTrans.com) - Trans Koetaradja menguji coba bus listrik BYD tipe C6 sebagai bus angkutan umum, Selasa (5/1/2021).

Uji coba tersebut berkaitan dengan rencana Dinas Perhubungan Aceh membeli enam unit bus listrik untuk mendukung angkutan massal di Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar pada tahun 2021.

Kepala UPTD Angkutan Massal Trans Koetaradja, M Hanung Kuncoro, mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan PT Bakrie Autoparts sebagai operator bus listrik dalam uji coba ini. "Uji coba kita rencanakan dalam sebulan, sebelum kita menentukan pembelian bus listrik (yang mana)," ujarnya.

Menurutnya, dalam sekali pengisian daya selama empat jam, bus listrik BYD tipe C6 mampu menempuh 250 kilometer, atau dayanya tahan selama 14 jam.

Dalam uji cobanya, bus dengan kapasitas 18 tempat duduk ini rencananya akan melayani rute-rute dalam Kota Banda Aceh secara bergiliran. 

Saat ini, UPTD Angkutan Massal Trans Koetaradja telah mengopresikan 52 unit armada busnya untuk melayani penumpang umum di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Karyawan mengendarai bus listrik BYD tipe C6 saat uji coba di UPTD Angkutan Massal Trans Koetaradja, Banda Aceh. Foto: Kumparan.com

Suasana kursi penumpang bus listrik saat uji coba di UPTD Angkutan Massal Trans Koetaradja, Banda Aceh. Foto: Kumparan.com

Suasana dalam bus listrik BYD tipe C6 saat uji coba di UPTD Angkutan Massal Trans Koetaradja, Banda Aceh. Foto: Kumparan.com

Bus listrik BYD tipe C6 saat uji coba di Banda Aceh, Banda Aceh. Foto: Kumparan.com