Takut Covid-19, Cucu Konglomerat Indonesia ini Kosongkan 1 Pesawat Komersial Terbangkan Dia dan Istri untuk Liburan ke Bali

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 06/Janu/2021 07:26 WIB
Terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika jenis kokain Richard Muljadi mengikuti sidang pembacaan vonis di PN Jakarta Selatan, Jakarta. Foto: Antara Terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika jenis kokain Richard Muljadi mengikuti sidang pembacaan vonis di PN Jakarta Selatan, Jakarta. Foto: Antara

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Cucu seorang konglomerat Indonesia, Richard Muljadi kembali membuat kehebohan setelah ia mengunggah Instagram Story sedang berada di pesawat dalam sebuah perjalanan.

Ia memesan seluruh kursi pesawat jet komersial untuk liburan Tahun Baru bersama sang istri ke Bali, pada Senin, (4/1). Praktis, hanya ada Richard dan sang istri di dalam penerbangan itu.

Baca Juga:
Kru Batik Air Fashion Show di 35.000 Kaki, Tampilkan Ikon Batik Kebanggaan Indonesia

Pria yang merupakan cucu konglomerat Indonesia versi majalah Forbes, Kartini Muljadi ini melakukan perjalanan siang hari pada Senin, pukul 12.30 WIB dari Bandara Soetta.

Dalam unggahan tersebut, Crazy Rich Indonesia ini mengatakan, dirinya bersama sang istri merasa cemas terhadap COVID-19, sehingga harus mem-booking hampir semua kursi di penerbangan Batik Air ID6502. Menurutnya, mem-booking tiket ini jauh lebih murah dibandingkan melakukan carter pesawat. “Ini trik teman-teman #LIFEHACKS,” tulis kutipan melalui akun Instagram pribadinya @richardmuljadi.

Baca Juga:
Gegara Cuaca Buruk, Pesawat Wings Air Gagal Mendarat di Aceh

Diketahui, ia menggunakan pesawat Batik Air ID6502 dengan tipe Boeing 737-800 NG yang memiliki kapasitas 12 penumpang kelas bisnis dan 150 penumpang kelas ekonomi.

“Kami (berdua) sangat takut (corona) tidak ada penumpang lain dalam penerbangan ini hanya berdua,” tambahnya.

Baca Juga:
Maskapai Air Canada Pesan 30 Pesawat Hibrida Listrik dari Swedia


Instagram story Richard Muljadi menunjukkan borong kursi sepesawat hanya untuk digunakan dia dan istrinya liburan tahun baru ke Bali. Foto: Instagram/@richardmuljadi

Sementara itu, Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menjelaskan bahwa cucu Crazy Rich RI ini memang tidak melakukan carter pesawat, melainkan memesan seluruh kursi.

“Informasi, bahwa itu penerbangan penumpang berjadwal (bukan charter) no ID-6502 rute Jakarta melalui Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Senin (4/ 01),” kata Danang saat dikonfirmasi.


Lantas berapa kira-kira uang yang dikeluarkan Richard Muljadi?

Dengan kapasitas maksimal pesawat hanya 70 persen saat pandemi, maka Richard menghabiskan uang sekitar Rp 75,2 juta untuk mem-boking seluruh kursi. Dengan asumsi, dia mem-boking 105 kursi kelas ekonomi dan 8 kursi kelas bisnis.

Harga tiket kelas ekonomi untuk penerbangan Batik Air rute Jakarta-Bali sebesar Rp 563.000 per penumpang, sedangkan kelas bisnis Rp 2.019.400 per penumpang.


Tentang Richard Muljadi

Richard Muljadi lahir pada 19 Januari 1988. Ia merupakan cucu Kartini Muljadi, konglomerat Indonesia yang masuk dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia tahun 2019 versi majalah Forbes. Kartini Muljadi sendiri merupakan seorang pengacara dan pendiri firma hukum Kartini Muljadi & Rekan. Ia juga memiliki perusahaan obat Tempo Scan. 

Ayah Richard Muljadi adalah Sujipto Husodo Muljadi, pemilik Mulia Graha Abadi, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi. 


Instagram story Richard Muljadi menunjukkan borong kursi sepesawat hanya untuk digunakan dia dan istrinya liburan tahun baru ke Bali. Foto: Instagram/@richardmuljadi

Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya. Itulah pepatah yang dapat menggambarkan kehidupan Richard Muljadi. Ia meraih gelar di bidang ekonomi dan pemasaran dari Monash University, Melbourne, Australia pada 2009. 

Ia tercatat pernah menjadi fund manager di Ciptadana Sekuritas pada 2012 dan direktur Mulia Graha. Richard juga merupakan co-founder Duatech, perusahaan teknologi berbasis startup.

Richard Muljadi menikah dengan model sekaligus aktris, Shalvynne Chang pada tahun 2019. Shalvynne sendiri mulai dikenal setelah membintangi film Bila pada 2012 dan memerankan tokoh Aling di Laskar Pelangi 2: Edensor. 

Kemewahan tidak dapat dilepaskan dari Richard Muljadi. Ia kerap membagikan gaya hidupnya yang bergelimang harta di akun instagramnya, @richardmuljadi. Dari foto-foto yang dibagikannya, Richard diketahui gemar mengoleksi jam dan mobil mewah.

Pada 2016 lalu, ia membuat kehebohan setelah menghabiskan uang hingga miliaran rupiah untuk merayakan pesta ulang tahun dua anjingnya, Coco dan Lulu. Saat itu, Richard mengadakan perayaan ulang tahun di sebuah yacht. Tidak cukup sampai di situ, ia memberikan kado super mewah berupa mobil Mitsubishi Outlander kepada anjing kesayangannya. 

Sayangnya, kehidupan Richard yang nyaman tidak dapat menghindarkannya dari pengaruh narkoba. Pada 2018, ia ditangkap karena kedapatan menggunakan kokain di sebuah restoran di kawasan SCBD, Jakarta Selatan. Richard divonis pidana 1,5 tahun penjara dengan rehabilitasi.(fhm/sumber:kumparan)