KKB Bakar Pesawat MAF

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 08/Janu/2021 08:50 WIB
Para anggota KKSB yang meneror masyarakat sipil di Papua. (Foto: TNI) Para anggota KKSB yang meneror masyarakat sipil di Papua. (Foto: TNI)

INTAN JAYA (BeritaTrans.com) - Sekelompok orang diduga kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang pesawat mission aviation fellowship (MAF) di Distrik Biandoga, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Tujuh penumpang dan pilot dilaporkan selamat dalam insiden ini.

Pesawat MAF jenis Twin Otter ini dibakar massa yang mengklaim bagian dari tentara pembebasan nasional Papua Barat (TNPB), Rabu (6/1/2021) kemarin.

Baca Juga:
Setelah Pesawat Ditembak KKB, Trigana Hentikan Penerbangan ke Dekai Papua

Insiden ini berawal saat pesawat ditahan oleh massa saat hendak take off di Bandara Kampung Pagamba menuju Kabupaten Nabire. Mereka lalu menyerang pilot dan para penumpang.

Namun para korban selamat setelah tokoh gereja setempat membawa mereka ke tempat aman. Tapi pesawat yang hendak mereka tumpangi ludes dilahap api.

Baca Juga:
Pesawat Trigana Air Ditembak KKB 9 Kali: 4 Saat Landing, 5 Take Off

Base Manager MAF Nabire, Paul Iswanto, membenarkan adanya aksi pembakaran pesawat tersebut pada Rabu kemarin. Dia mengatakan, pilot dan penumpang dalam keadaan selamat.

"Namun mereka masih trauma," kata Paul di Kabupaten Nabire, Papua, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga:
Ini Daftar Pilot dan Penumpang yang Hilang Usai Susi Air Dibakar KKB di Nduga

Sementara itu Wakapolres Nabire, Kompol Samuel Tatiratu mengatakan, masih menunggu laporan resmi dari anggota yang diterjunkan ke lokasi kejadian.

(lia/sumber:inews.id)