Bandara Juanda Prediksi Trafik Penumpang Tahun Ini Capai 11,8 Juta

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 09/Janu/2021 22:09 WIB
Suasana di Bandara Juanda (API) Suasana di Bandara Juanda (API)

SURABAYA (BeritaTrans.com) - Bandara Juanda  kelolaan PT Angkasa Pura I prediksi trafik di tahun ini, jumlah penumpang diperkirakan akan mencapai 11,8 juta.

"Sedangkan pergerakan pesawat diperkirakan akan mencapai 94.876 pergerakan. Kemudian untuk kargo diperkirakan akan mencapai 63 juta Kg," tutur PTS. General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, MMA. Indah Preastuty dalam keterangan tertulis, Sabtu (9/1/2021).

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Menurut Indah pihaknya tetap optimis menghadapi tahun 2021 dan meyakini bahwa kinerja tahun ini akan meningkat kembali.

Hal itu mengingat bahwa pemerintah segera akan mengeluarkan vaksin Covid-19 untuk masyarakat.

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Indah mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memenuhi semua persyaratan untuk berpergian ataupun datang di Bandar Udara Internasional Juanda.

Saat ini Bandara Juanda secara konsisten telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scanner, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrean, hingga pembentukan tim sinergitas untuk patroli penerapan protokol kesehatan. 

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 571 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

"Kami berharap kepercayaan pengguna jasa semakin meningkat seiring dengan peningkatan protokol kesehatan yang terus kami lakukan,” ujarnya.

Menutup libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 Bandar Udara Internasional Juanda resmi mengakhiri Posko Terpadu Angkutan Udara di lobby Terminal 1 (T1), Selasa (5/1). Pelaksanaan posko Nataru di Terminal 1 (T1) selama 18 hari tersebut melibatkan beberapa instansi stakeholder Bandar Udara Internasional Juanda. 

“Kami manajemen PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional Juanda apresiasi dan terima kasih banyak atas dukungan dan kerja sama semua pihak," ungkapnya.

Termasuk diantaranya Kantor Otoritas Bandara Wilayah III, Lanudal Juanda, Perum LPPNPI, Kantor Kesehatan Pelabuhan, Airlines dan Ground Handling yang telah mendukung kelancaran arus pesawat dan penumpang pada libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Dengan begitu kami dapat mempertahankan kinerja operasional bandara dengan catatan zero accident sepanjang 2020 dengan tetap mematuhi dengan program 3S + 1C (Safety, Security, Services dan Compliance) dan protokol kesehatan Covid-19,” beber Indah.

Selama periode posko yang berlangsung sejak 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 tersebut, Bandar Udara Internasional Juanda telah melayani sejumlah 340.450 penumpang dan 3.945 pergerakan pesawat. Sedangkan untuk jumlah kargo sebesar 3.601.640 Kg.

Menurut Indah, selama periode libur Nataru, terjadi kenaikan jumlah penumpang jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. 

“Pada arus libur natal dan tahun baru jumlah penumpang harian tertinggi mencapai 25 ribu penumpang pada tanggal 23 Desember 2020 dan 262 pergerakan pesawat pada tanggal 3 Januari 2021. Sedangkan pada hari-hari sebelumnya jumlah penumpang harian tertinggi hanya mencapai 20 ribu dan 180 pergerakan pesawat,” ujarnya.

Indah menambahkan pada periode libur natal 2020 dan tahun baru 2021 ini beberapa maskapai juga mengajukan extra flight. 

Total realisasi ekstra flight dari Bandara Juanda  sebanyak 155 flight yaitu 88 arrival flight dan 67 departure flight. Adapun maskapai yang mengajukan adalah Airasia sejumlah 99 flight, Cililink (36), Lion Air (17), Batik Air (2) dan Garuda Indonesia (1). 

"Tujuan terbanyak pada ekstra flight ini masih Jakarta. Sedangkan untuk tujuan lainnya yaitu Makasar, Denpasar, Lombok, Balikpapan dan Bandung,” tutupnya. (omy)