Pelni Kembali Terima Penugasan Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara 8

  • Oleh : Naomy

Senin, 11/Janu/2021 14:48 WIB
Kapal.Tol Laut Pelni Kapal.Tol Laut Pelni

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelnia (Persero) kembali dipercaya oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk kembali dapat mengoperasikan kapal barang KM Kendhaga Nusantara 8. 

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Kapal barang ini telah diserahterimakan kepada PT Pelni (Persero) di Pelabuhan Tg. Perak, Surabaya pada Sabtu (9/1/2021/).

"Alhamdulillah Pelni dipercaya kembali oleh Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk dapat mengoperatori KM Kendhaga Nusantara 8. Ini  sebuah amanah yang harus kami jaga agar dapat menjalankan kapal ini supaya dapat mendukung konektivitas laut di Negeri tercinta", ungkap Masrul Khalimi , Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni, Senin (11/2/2021).

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Dia menyampaikan bahwa pengoperasian kapal barang ini juga sejalan dengan visi Perusahaan, yaitu Menjadi Perusahaan Logistik Maritim terkemuka.

KM Kendhaga Nusantara 8 yang dioperatori Pelni memiliki kapasitas untuk dapat mengangkut muatan maksimal sebesar 65 TEUs atau maksimal sebanyak 30-40 container dalam satu kali perjalanan.

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

“Kami prediksikan untuk tahun 2021 ini, KM Kendhaga Nusantara 8 ini dapat untuk mengangkut sekitar 1.015 TEUs," ujar Masrul.

Adapun untuk tahun 2021 kapal barang yang dioperasikan oleh PT Pelni (Persero) menjadi sembilan trayek, yaitu :

1. Trayek H-1 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 1 dengan rute Tg. Perak - Makassar - Tahuna - Tg. Perak

2. Trayek T-19 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 2 dengan rute Merauke - Kokas - Sorong - Biak/Korido - Jayapura/Depapre - Sorong - Merauke

3. Trayek T-15 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 3 dengan rute Tg. Perak - Makassar- Jailolo - Morotai - Tg. Perak

4. Trayek T-3 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 4 dengan rute Tg. Priok - Kijang - Tarempa - Pulau Laut - Selat Lampa - Subi - Serasan - Midai - Tg. Priok

5. Trayek T-10 dilayari oleh KM Logistik Nusantara 5 dengan rute Tg. Perak - Tidore - Morotai - Galela - Maba/Buli - Weda - Tg. Perak

6. Trayek T-5 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 1 dengan rute Bitung - Ulusiau/Tagulandang - Tahuna - Lirung/Melanguane - Miangas - Marore - Tahuna - Ulusiau/Tagulandang - Bitung

7. Trayek T-14 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 7 dengan rute Maumere - Lewoleba - Larantuka - Maumere

8. Trayek T-18 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 8 dengan rute Tg. Perak - Badas - Bima - Surabaya

9. Trayek T-13 dilayari oleh KM Kendhaga Nusantara 11 dengan rute Kupang - Rote - Sabu - Waingapu - Kupang. (omy)