Menko Luhut Pamerkan Keindahan Danau Toba ke Menlu Cina Wang Yi

  • Oleh : Fahmi

Rabu, 13/Janu/2021 16:48 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menikmati keindahan Danau Toba kepada Menlu China Wang Yi, Rabu (13/1/2021). (Foto: Instagram luhut.pandjaitan) Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menikmati keindahan Danau Toba kepada Menlu China Wang Yi, Rabu (13/1/2021). (Foto: Instagram luhut.pandjaitan)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memamerkan keindahan Tanah Toba, kepada Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi yang sedang berkunjung ke Indonesia.

Dikutip BeritaTrans.com dari iNewsSumut, Luhut mendampingi menteri yang hobi hiking itu untuk menikmati panorama tanah kelahirannya, Rabu (13/1/2021).

Momen-momen saat Menko Luhut dan Menlu China Wang Yi menikmati keindahan Danau Toba ini dibagikan dalam akun Instagramnya luhut.pandjaitan. Tampak dalam foto tersebut Luhut dan Wang Yi duduk di alam terbuka kawasan Danau Toba.


Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menikmati keindahan Danau Toba kepada Menlu China Wang Yi, Rabu (13/1/2021). (Foto: Instagram luhut.pandjaitan)

Menurut Luhut, setiap kali dia datang kembali ke tanah kelahirannya, Tanah Toba, dia akan memilih kata “berkat”. Sebab, setiap kali saya datang kembali ke sana, Luhut merasa selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan untuk dibagikan. Salah satunya pengalamannya hari ini.

"Jika saya diminta menyebutkan satu kata tentang tanah kelahiran saya, Tanah Toba, saya akan memilih kata “berkat”. Mengapa ? karena setiap kali saya datang kembali kesana, saya merasa selalu ada cerita dan pengalaman yang berkesan untuk dibagikan," kata Luhut dalam postingan di Instagramnya.

"Seperti hari ini ketika saya menemani sahabat saya, Menteri Luar Negeri Republik Rakyat Tiongkok, Bapak Wang Yi yang selama dua hari, mulai dari tanggal 12 s/d 13 Januari 2021 akan berada di Indonesia untuk melakukan beberapa agenda pertemuan bilateral dengan pemerintah Indonesia. Tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang sangat ketat mengingat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang."

Luhut mengatakan, beberapa kali dalam lawatannya ke China, dia kerap menyampaikan undangan dan ajakan agar Wang Yi berkunjung ke tanah kelahirannya, tempat Danau Toba berada. Apalagi, Luhut tahu Wang Yi punya hobi hiking.

"Karena saya mengetahui Bapak Wang Yi punya hobi hiking dan memang sudah lama punya rencana untuk melihat potensi pariwisata di sini, hari ini saya secara khusus mendampingi beliau bersama delegasinya untuk menikmati panorama perbukitan di Kaldera dan mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang ada di sekitar Danau Toba," kata Luhut.

Luhut mengatakan, kesempatan safari Menlu China Wang Yi ke Asia Tenggara yang salah satunya ke Indonesia kali ini, betul-betul dia gunakan untuk membicarakan kerja sama investasi dan beberapa proyek strategis, pariwisata hingga pemulihan ekonomi nasional.

"Saya sampaikan harapan saya kepada beliau tentang adanya komitmen kuat untuk mengimplementasikan kesepakatan strategis bilateral kedua negara, sebelum sore hari ini  Bapak Wang Yi bertemu dan mendengar langsung harapan Presiden @jokowi atas kerja sama kedua negara sahabat ini," katanya.

Bagi Luhut, menyaksikan secara langsung penandatanganan nota kesepahaman (MoU) terkait kerja sama di beberapa bidang strategis menjadi berkat tersendiri. Sebab, dia diberikan kepercayaan untuk terlibat langsung mengembangkan potensi tanah kelahirannya sehingga terpilih sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

"Saya berharap upaya-upaya kecil ini dapat menghasilkan manfaat dan berkat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama bagi masyarakat Toba Samosir yang selalu punya rasa bangga dan cinta yang besar pada tanah kelahirannya," kata Luhut.

Diketahui, Menlu China Wang Yi melakukan kunjungan kerja ke Indonesia pada Selasa (12/1/2021). Wang Yi juga berkunjung ke Myanmar, Brunei Darussalam, dan Filipina pada 11-16 Januari 2021.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatan Wang ke ke Indonesia atas undangan Menlu Retno LP Marsudi.(fhm/sumber:iNewsSumut)