China Siap Luncurkan Kapal Induk Baru Tahun Ini

  • Oleh : Redaksi

Senin, 18/Janu/2021 20:10 WIB


SHANGHAI (BeritaTrans.com) - Kapal induk terbaru China diprediksi akan siap diluncurkan pada tahun ini sebelum resmi ditugaskan pada tahun 2025 mendatang.

Dilansir dari China Power, garis besar rancangan kapal induk ketiga Negeri Panda ini sudah mulai terlihat di Galangan Kapal Jiangnan, Shanghai.

Baca Juga:
Kapal Induk China Dekati Jepang lalu ke Pasifik

Dalam citra satelit terbaru yang dirilis China Power, blok-blok komponen kapal induk baru telah terususun di galangan kapal Jiangnan. Setelah semua balok disatukan, struktur atas akan dipasang.

Karena blok dasar telah disusun lebih dulu, maka pengerjaan perakitan akan memakan waktu lebih sedikit dibandingkan dengan kapal induk kedua China. Jika melihat statusnya kini, kapal induk baru China ini mungkin akan selesai sebelum tahun 2021 habis.

Total blok lambung kapal yang terlihat kira-kira sepanjang 297 meter. Blok terpanjang, yang merupakan buritan, panjangnya sekitar 49 meter. Lebarnya diperkirakan sekitar 40 meter.

Dengan angka 297 meter, kapal induk ketiga ini cukup mendekati pendahulunya, yakni Liaoning dengan 304,5 meter dan Shandong dengan 315 meter.

Setelah selesai dirakit nanti, panjang kapal induk diperkirakan akan bertambah sekitar beberapa belas meter akibat pemasangan dek penerbangan.

Soal kemampuan, beberapa laporan tidak resmi menyebutkan bahwa kapal induk ketiga China ini akan menampilkan sistem peluncuran ketapel elektromagnetik yang berbeda dengan dua pendahulunya.

 

Dengan bobot kisaran 80.000 - 85.000 ton, kapal induk terbaru ini dipastikan akan menjadi kapal induk terbesar milik Angkatan Laut China. (lia/sumber:tempo.co.id)