Tug Boat Tenggelam, 6 ABK Terombang-ambing di Laut 12 Jam

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 21/Janu/2021 07:38 WIB
Enam ABK yang mengalami kecelakaan di laut, ditemukan selamat di Pantai Wonokerto Pekalongan, Rabu sore, 20 Januari 2021.(Istimewa) Enam ABK yang mengalami kecelakaan di laut, ditemukan selamat di Pantai Wonokerto Pekalongan, Rabu sore, 20 Januari 2021.(Istimewa)

PEKALONGAN (BeritaTrans.com) - Enam ABK (anak buah kapal) yang mengalami kecelakaan di laut, ditemukan selamat di Pantai Wonokerto Pekalongan, Rabu (20/1/2021) sore.

Kondisi mereka lemas dan pusing juga mual karena selama lebih dari 12 jam terombang-ambing di tengah laut tanpa makan dan minum.

Baca Juga:
Kapal Pesiar dengan Infeksi COVID-19 Tiba di New Orleans

“Saat itu ada ombak besar disertai hujan juga angin. Kapal tug boat dan tongkang terguncang hebat, sehingga kapal tug boat bocor lalu tenggelam. Seluruh ABK menyelamatkan pakai lifecraft atau kapal kecil. Kami sempat menelepon meminta bantuan namun kemudian sinyal dan HP mati,” kata kapten kapal, Arifin, Rabu (20/1/2021).

Mereka ditolong nelayan Ulujami, Pemalang lalu dibawa menepi di Wonokerto,Pekalongan. Mereka merupakan ABK kapal tug boat membawa tongkang dari Jakarta ke Bali. Sesampai di utara perairan Pemalang kecelakaan.

Baca Juga:
Pelayanan Kantor KSOP Sunda Kelapa Berpindah ke Gedung yang Baru

Bripka Wahyoe Tri Pamungkas, Komandan Kapal IX 1015 Dirpolair Polda Jateng, mengaku setelah mendapatkan laporan kecelakaan kapal, langsung berkoordinasi dengan, Polres Pemalang, TNI AL, dan Basarnas Jateng.

“Kami melakukan pencarian menyisir dari sekitar Batang sampai Pemalang dan alhamdulilah berhasil ditemukan selamat semua,” kata Bripka Wahyoe Tri Pamungkas.

Baca Juga:
Libur Nataru ke Pulau Biawak Indramayu, Siapa Takut

Seluruh ABK kapal ini kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan dan diberi makan agar bisa kembali sehat.

“Setelah mereka dicek kesehatan dan cukup istirahat akan berkoordinasi dengan perusahaan agar bisa kembali bertemu keluarganya,” jelasnya.

ABK Kapal Tug Boat penarik tongkang yang selamat tersebut adalah:

1.Christoper Matthew Muller, (Bekasi)
2. Cahyanta Bangun (Boyolali)
3. Galih Pratama (Subang)
4. Haryono (Pontianak)
5. Muh Aulia Sinaga (Pasaman Barat, Sumbar)
6. Arifin (Cianjur)
(fhm/sumber:puskapikcom)