Sesjen Kemenhub Apresiasi Perolehan Sertifikat ISO 9001:2015 Ditkapel

  • Oleh : Naomy

Kamis, 21/Janu/2021 11:25 WIB
Sesjen Kemenhub Djoko Sasono (Indi/Humas Hubla) Sesjen Kemenhub Djoko Sasono (Indi/Humas Hubla)

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono menyampaikan ucapan selamat dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, khususnya Direktorat Perkapalan dan kepelautan serta seluruh jajaran yang bekerja keras untuk memeroleh sertifikasi ISO 9001:2015.

Baca Juga:
Kapal KM Sumantri Brodjonegoro Terbakar di Perairan Cilacap, Direktur KPLP: Ada 27 ABK

“Pada kesempatan yang baik ini, saya berpesan dalam penerapan Sistem manajemen Mutu (QMS) ISO 9001:2015 ini, aspek yang harus dijunjung tinggi adalah komitmen dan integritas," ujar Djoko di Jakarta, Kamis (21/1/2021).

Yaitu bagaimana seluruh jajaran yang terlibat dapat patuh terhadap standar operasional prosedur yang berlaku serta mampu menerapkannya secara menyeluruh.

Baca Juga:
Kemenhub Terbitkan Maklumat Pelayaran, Berlaku Hingga 4 Desember

Kata dia, tanpa komitmen dan integritas yang kuat dari seluruh pihak, maka harapan dan tujuan yang ingin dicapai dalam proses sertifikasi ISO 9001:2015 ini tidak akan dapat tercapai.
 
“Oleh karena itu, saya instruksikan agar seluruh proses dalam sistem manajemen mutu ini dijalankan secara konsisten,” ungkapnya.

Dengan demikian, Pelayanan Adminstrasi Publik pada Direktorat perkapalan dan Kepelautan dapat terselenggara dengan lebih baik, terorganisir dan berintegritas, transparan, akuntabel, dan efisien.
 
Saat ini Sertifikasi ISO 9001:2015 telah banyak dikeluarkan untuk Institusi Pemerintah, baik itu Kementerian/ Lembaga maupun Pemerintah Daerah.

Baca Juga:
Pelabuhan Utama dan Pengumpan Dimanfaatkan untuk Tunjang Program Tol Laut

Hal itu karena tidak dapat dipungkiri bahwa selain kualitas produk, standarisasi merupakan salah salah satu faktor yang mempunyai peranan penting dalam menentukan kualitas layanan.

Tentu saja juga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat melalui kualitas produk dan layanan yang sangat baik. 

Sebagaimana telah diketahui, ISO 9001:2015 ini merupakan bagian dari standar manajemen mutu yang dirancang untuk membantu organisasi dalam memastikan bahwa organisasi mampu memenuhi kebutuhan pengguna jasa, dalam hal ini masyarakat dan stakeholder.

Adalah konsekuensi logis, khususnya bagi direktorat perkapalan dan kepelautan, dalam penerapan ISO 9001:2015 ini, harus mampu memastikan bahwa dalam setiap proses dan tahapan pelayanan administrasi publik yang dijalankan.

Sesuai dengan aturan prosedur dan standar baku yang telah ditetapkan, mampu melakukan pengelolaan resiko serta lebih fokus dan konsisten dalam mencapai sasaran mutu organisasi yang telah ditetapkan.
 
“Aspek berikutnya harus tetap dijaga adalah bagaimana setiap pihak yang terlibat, dalam hal ini seluruh jajaran Direktorat Perkapalan dan Kepelautan dapat saling bahu-membahu dalam menerapkan ISO 9001:2015 sehingga dapat mewujudkan tujuan yang ditetapkan,” pungkas Djoko. (omy)