Menteri Luhut Resmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Ruas Tol Sumatera Selatan

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 27/Janu/2021 19:21 WIB
SPKLU atau SPBU Listrik (foto:istimewa/MNC Media) SPKLU atau SPBU Listrik (foto:istimewa/MNC Media)

SUMSEL (BeritaTrans.com) – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan hari ini meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di ruas Tol Bakaheuni-Kayu Agung, Sumatera Selatan.

Lokasi SPBU Listrik ini tepatnya berada di Rest Area Km 20 B, Ruas Bakaheuni - Kayu Agung. Peresmian dilakukan di akhir Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Kawasan Merak-Bakauheni-Tol Lampung.

Baca Juga:
PLN Tambah 13 Titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Jalan Tol Sumatra

Luhut yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Koordinator Percepatan KBLBB menyampaikan apresiasinya terhadap PT PLN (Persero) yang telah mendukung percepatan program KBLBB dengan membangun SPKLU di Indonesia. 

Dia berharap masyarakat dapat semakin antuasias untuk beralih menggunakan KBLBB. Lebih lanjut Luhut menyampaikan optimismenya, Indonesia mampu bersaing dalam industri penyedia baterai untuk KBLBB.

Baca Juga:
Lokasi Stasiun Pengisian Daya Kendaraan Listik di Rest Area Tol saat Lebaran

"Indonesia mempunyai potensi sebagai produsen lithium terbesar kedua di dunia setelah China, cadangan nikel kita yang beragam menjadikan Indonesia tentu mampu bersaing di kancah ini," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1/2021).

Luhut melanjutkan, penggunaan lithium tidak hanya untuk baterai kendaraan bermotor listrik saja namun dapat dimanfaatkan sebagai energy stabilizer yang begitu penting bagi daerah pedalaman untuk dimanfaatkan sebagai pengganti energi listrik di malam hari.

Baca Juga:
Ingin Mudik Gunakan Mobil Listrik? Perhatikan Hal ini!

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar yang hadir dalam peresmian tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap PT PLN (Persero) yang akan membangun infrastruktur SPKLU di Tol Lintas Sumatera. Ke depan, direncanakan akan dibangun SPKLU di Rest Area Rest Area Km 49 A Arah Palembang, Rest Area Km 116 B Arah Bakeheuni, dan Rest Area Km 234 A Arah Palembang.

"Terima kasih khususnya kepada pihak PLN yang secara bertahap telah merealisasikan penyediaan Infrastruktur SPKLU secara nasional khususnya di jalur tol lintas Sumatera. Ini adalah SPKLU yang ke-101 dan kita tunggu SPKLU selanjutnya di seluruh pelosok negeri tercinta," ungkap Wanhar.

Sesuai data Kementerian ESDM, hingga saat ini telah terbangun 101 unit Charging Station pada 73 lokasi yang tersebar di beberapa area seperti SPBU, SPBG, perkantoran, perhotelan, pusat perbelanjaan, area parkir, maupun rest area di sepanjang jalur tol. 

Sesuai ketentuan Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 tahun 2020, PT PLN (Persero) mendapatkan penugasan penyedian infrastruktur pengisian kendaraan bermotor listrik dengan rencana penambahan hingga 254.181 unit untuk 10 tahun ke depan oleh PLN (Persero). Dengan semakin banyaknya SPKLU diharapkan dapat menarik minat masyarakat beralih menggunakan KBLBB.(amt/sumber:idxchannel.com)