Kapal Nelayan Layani Kebutuhan Air Minum Kru Kapal Sandar di Sekitar Area Pelabuhan Patimban

  • Oleh : Taryani

Senin, 01/Feb/2021 00:07 WIB
Kapal nelayan dalam perjalanan pulang ke Desa Ujunggebang sehabis memasok air minum atau air bersih kemasan galon ke kapal besar yang sandar di sekitar Pelabuhan Patimban. (Taryani)     Kapal nelayan dalam perjalanan pulang ke Desa Ujunggebang sehabis memasok air minum atau air bersih kemasan galon ke kapal besar yang sandar di sekitar Pelabuhan Patimban. (Taryani)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Keberadaan kapal-kapal berukuran relatif besar yang tengah sandar di sekitar area  Pelabuhan Patimban, Kabupaten Subang  setiap saat butuh air minum atau air bersih. Hal ini rupanya membuka rezeki  bagi warga  atau nelayan di daerah perbatasan di Desa Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu maupun  Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang sebagai pemasok air minum.

Warga  atau nelayan itu  mendapat kesempatan  melayani kebutuhan air minum atau air bersih untuk keperluan sehari-hari kru kapal besar yang  sedang sandar di area Pelabuhan Patimban.  Kebetulan,  posisi kapal-kapal besar yang sandar itu tidak terlalu jauh dari pantai Desa Ujunggebang maupun Desa Patimban sehingga mudah dijangkau.

Beberapa kapal nelayan yang biasa digunakan  mencari ikan, rajungan atau cumi-cumi,  dimanfaatkan mengangkut puluhan galon  air minum atau air bersih guna melayani kebutuhan  kru  yang tengah bekerja di kapal.

“Kebutuhan air minum atau air bersih untuk kru kapal itu  dipasok dari wilayah Desa Ujunggebang atau Desa Patimban menggunakan galon yang dinaikkan ke atas kapal,” ujar seorang lelaki yang biasa disapa Pak Kumis saat dijumpai di Desa Ujunggebang, Minggu (30/01/2021) siang.

Kapal nelayan mengangkut puluhan galon air minum terlihat hilir mudik berlayar mendekati kapal besar yang sandar  menurunkan puluhan galon  air minum atau air bersih. Usai mengirim air minum, kapal nelayan itu balik arah  kembali  ke Desa Ujunggebang atau Desa Patimban melalui muara Kali Sewo.

Aktifitas  kapal nelayan melayani kebutuhan air minum kru kapal besar  secara rutin itu tentunya membuahkan rezeki  bagi warga atau nelayan sekitar.  

“Alhamdulillah dengan banyaknya kapal sandar di sekitar area Pelabuhan Patimban  mereka umumnya  butuh pelayanan air minum sehingga   terbuka peluang usaha bagi warga atau nelayan sekitar,” ujarnya. (Taryani)