Jadwal KRL Mulai Besok ada Penambahan, Operasional Tetap Sampai Pukul 20.00

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 09/Feb/2021 09:21 WIB
KRL melaju di line Stasiun Bekasi Timur-Stasiun Bekasi. KRL melaju di line Stasiun Bekasi Timur-Stasiun Bekasi.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) tahun 2021, mulai diterapkan besok, hari Rabu (10/2/2021). Hal ini tentu akan mempengaruhi jadwal perjalanan KRL, waktu tempuh perjalanan, relasi KRL, dan stabling KRL. 

Pada Gapeka 2021 ini KAI Commuter memprogramkan operasional perjalanan KRL Commuter Line Jabodetabek tiap harinya sejumlah 1.151 perjalanan. Jumlah frekuensi tersebut bertambah 94 perjalanan dibandingkan dengan program Gapeka 2019 dimana terdapat 1057 perjalanan. 

Baca Juga:
H-4 Lebaran, KAI Commuter Catat Tren Kenaikan Penumpang Kereta Bandara Soetta dan KA Merak

Meskipun demikian, tidak seluruh perjalanan yang diprogramkan tersebut akan berjalan mulai 10 Februari 2021 sehubungan jadwal KRL masih menyesuaikan dengan aturan jam operasional angkutan umum pada masa PSBB maupun PPKM di berbagai wilayah. 

Pada awal pemberlakuan Gapeka 2021 nantinya, KRL Commuter Line Jabodetabek akan tetap beroperasi pada pukul 04:00 - 22:00 WIB dengan 984 perjalanan KRL per hari. Saat ini dengan jam operasional yang sama, KAI Commuter mengoperasikan 964 perjalanan KRL tiap harinya. 

Baca Juga:
Layanan KAI Commuter untuk KRL Jabodetabek, Kereta Bandara Soetta dan KA Merak Masa Angkutan Lebaran 2024

“Dengan adanya penambahan perjalanan KRL di Gapeka 2021 ini juga, penerapan protokol kesehatan dalam menggunakan transportasi publik khususnya KRL, kami harap dapat lebih maksimal,” kata Direktur Utama PT KCI, Wiwik widayanti, beberapa waktu lalu. 

Wiwik berharap penambahan perjalanan KRL ini akan diterima oleh para pengguna jasa KRL. Penambahan perjalanan KRL di Gapeka 2021 ini juga mendukung protokol kesehatan yang diberlakukan KAI Commuter dalam pembatasan jumlah pengguna tiap keretanya dan pemenuhan jaga jarak antar pengguna KRL. 

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai

Pada Gapeka 2021, jumlah perjalanan KRL untuk lintas Bogor direncanakan sebanyak 476 perjalanan KRL yang terdiri dari Central Line (Bogor/Depok - Jakarta Kota PP) terdapat 267 perjalanan dengan dan Loop Line (Bogor/Depok -
Jatinegara PP) terdapat 209 perjalanan. 

Jumlah perjalanan KRL Bekasi direncanakan sebanyak 236 perjalanan, yang terdiri dari Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota Via Manggarai PP sebanyak 202 perjalanan, dan Cikarang/Bekasi - Jakarta Kota Via Pasar Senen PP terdapat 34 perjalanan. 

Untuk lintas Serpong (Rangkasbitung/Parung Panjang/Serpong - Tanah Abang PP) diprogramkan 237 perjalanan KRL pada lintas tersebut. 

Sementara di lintas Tangerang 
(Tangerang - Duri PP) pada Gapeka 2021 ini direncanakan perjalanan KRL sejumlah 118 perjalanan. Sedangkan lintas Tanjuk Priok (Tanjung Priok - Jakarta Kota PP) pada Gapeka 2021 ini terdapat rencana perjalanan KRL sebanyak 84 perjalanan. 

Dalam pemberlakuan jadwal baru ini ada sejumlah perubahan pola operasi perjalanan KRL di beberapa lintas, salah satunya adalah KRL pemberangkatan dari Stasiun Maja akan menjadi pemberangkatan awal dari Stasiun Rangkasbitung. 

Kebijakan ini dengan mempertimbangkan jumlah pengguna KRL dari Rangkasbitung yang terus meningkat dan tersedianya tambahan jalur stabling (jalur untuk kereta berhenti seusai beroperasi dan menjalani perawatan harian) di Stasiun Rangkasbitung. Selanjutnya Stasiun Maja tetap melayani naik turun pengguna KRL. 

Sementara itu pemberangkatan KRL dari Stasiun Sudimara menuju Stasiun Tanah Abang pukul 06:35 WIB akan dialihkan pemberangkatannya menjadi dari Stasiun Parungpanjang. 

Di Gapeka 2021 Pada waktu yang sama, pengguna di Stasiun Sudimara akan tetap dilayani oleh KRL tujuan Tanah Abang pada pukul 06:34 WIB.(fahmi)