Inovasi Tanpa Henti di Masa Pandemi, 14 Bandara Angkasa Pura II Diapresiasi ACI

  • Oleh : Naomy

Rabu, 10/Feb/2021 06:33 WIB
Penerapan.protokil kesehatan di bandara kelolaan Angkasa Pura II (APII) Penerapan.protokil kesehatan di bandara kelolaan Angkasa Pura II (APII)

LJAKARTA (BeritaTrans.com) - Inovasi tiada henti yang dilakukan PT Angkasa Pura I dilirik Organisasi yang menaungi bandara-bandara di seluruh dunia, Airport Council International (ACI).

ACI mengapresiasi 14 bandara PT Angkasa Pura II (Persero) karena dengan baik telah menerapkan inisiatif ACI World’s Voice of the Customer di tengah pandemi Covid-19 pada 2020. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Bandara-bandara yang mendapat apresiasi tersebut adalah Soekarno-Hatta (Tangerang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Depati Amir (Pangkalpinang), Silangit.

Selanjutnya Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Banyuwangi, Kualanamu (Deli Serdang), Minangkabau (Padang), Sultan Thaha (Jambi), dan Sultan Iskandara Muda (Aceh). 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Apresiasi tersebut menandakan bandara-bandara PT Angkasa Pura II secara berkelanjutan rajin mendengar suara traveler baik itu berbagai apresiasi serta masukan, untuk selalu meningkatkan aspek pelayanan.

Adapun secara berkelanjutan PT Angkasa Pura II setiap tiga bulan sekali (setiap kuartal) menggelar survei yang melibatkan penumpang pesawat/traveler sebagai responden. Hasil survei tersebut digunakan sebagai dasar menjaga dan meningkatkan pelayanan termasuk di tengah pandemi. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

“Inisiatif ini [ACI World’s Voice of the Customer] mengakui bahwa bandara tetap memprioritaskan pelanggan dan berkomitmen memastikan suara mereka didengar di tengah pandemi COVID-19 pada 2020,” ujar Director General ACI World Luis Felipe de Oliveira dalam suratnya kepada President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin. 

Luis Felipe de Oliveira menyampaikan , “Bandara Anda telah melakukan pencapaian signifikan dalam mengumpulkan umpan balik [feedback] melalui program Airport Service Quality dari ACI, dan ini membantu Anda untuk dengan baik dapat memahami pelanggan, serta memberikan informasi kepada Anda dalam menjalankan komitmen memberikan pelayanan luar biasa di tengah keadaan sulit ini.”

Seiring dengan didengarnya suara traveler, Luis Felipe menuturkan bandara-bandara PT Angkasa Pura II dapat konsisten memberikan pelayanan terbaik selama masa pandemi. 

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan memperkenalkan berbagai inovasi untuk tetap memudahkan dan mewujudkan perjalanan udara yang lancar (seamless journey) bagi traveler dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. 

“Sejumlah inovasi kami perkenalkan pada tahun lalu untuk memudahkan perjalanan dengan pesawat dan mendukung traveler tetap memenuhi protokol kesehatan di tengah pandemi. Dasar dari adanya inovas-inovasi tersebut di bandara AP II salah satunya adalah suara dari traveler atau penumpang pesawat,” tutur Awaluddin. 

Sejumlah inovasi yang dikenalkan PT Angkasa Pura II pada tahun lalu di tengah pandemi, di antaranya: 

*1. Airport Health Center*

Fasilitas kesehatan ini menjadi salah satu tulang punggung bandara-bandara AP II dan merespons calon penumpang pesawat yang ingin melakukan tes COVID-19 di bandara. Melalui faskes ini, calon penumpang pesawat bisa dengan mudah memenuhi protokol kesehatan khususnya terkait dengan persyaratan tes COVID-19, baik itu rapid tes antigen atau PCR test

*2. Platform digital*

Melalui aplikasi eHAC milik Kementerian Kesehatan, hasil tes COVID-19 yang dikeluarkan Airport Health Center di Bandara AP II dapat diperiksa secara digital sehingga memudahkan calon penumpang pesawat untuk bepergian dengan tetap mematuhi protokol.

*3. Biosafety dan Biosecurity Management*

Bandara AP II memperkuat protokol kesehatan dengan Biosafety dan Biosecurity Management untuk memberikan bandara yang sehat, bersih dan higienis bagi traveler, pengunjung bandara, dan pekerja di bandara. 

*4. Video Customer Assistant (VICA)*

Bagi traveler yang membutuhkan pelayanan langsung di terminal dengan berkomunikasi dua arah, AP II memperkenalkan VICA. Fasilitas ini memberikan pelayanan layaknya customer assistant, namun dilakukan melalui video guna mengurangi interaksi langsung selama pandemi. 

*5. Informasi Travel Advisory*

Persyaratan penerbangan yang harus dipenuhi traveler di rute domestik dan internasional sangat dinamis di tengah pandemi COVID-19 ini. Karena itu, AP II memberikan informasi travel advisory yang diperbarui secara berkala, melalui sistus covid19.angkasapura2.co.id dan aplikasi INAirport.

"Kami berkomitmen untuk selalu mendengarkan suara pelanggan sehingga dapat selalu melahirkan inovasi-inovasi baru guna menjaga dan meningkatkan layanan," pungkas Awaluddin. (omy)