Pemberlakuan Jadwal Baru KRL Sesuai Gapeka 2021 Berjalan Kondusif

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 10/Feb/2021 22:16 WIB
Foto: ilustrasi Foto: ilustrasi

Jakarta (BeritaTrans.com) - Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) Tahun 2021 mulai berlaku hari ini, Rabu (10/2). Sejalan dengan itu, jadwal KRL Commuter Line juga berubah mengikuti GAPEKA 2021. Perubahan jadwal pada hari ini berjalan kondusif dengan adanya penambahan 20 perjalanan KRL. 

Dari pantauan di sejumlah stasiun antara lain Maja, Tigaraksa, Sudimara, Bogor, Depok, Cikarang, dan Bekasi pada pagi hari ini situasi normal. Terdapat antrean penyekatan di sejumlah stasiun sebagaimana berlaku ketika stasiun ramai oleh pengguna yang hendak naik KRL. Antrean penyekatan ini untuk menjaga jumlah pengguna di dalam KRL tidak melebihi 74 orang tiap kereta dalam upaya memaksimalkan jaga jarak aman.

Baca Juga:
KAI Commuter Bagi-bagi Paket Makan Sahur di Stasiun Bogor dan Stasiun Rangkasbitung

Sehubungan dengan pembatasan yang masih berlaku, jam operasional KRL tetap pukul 04:00 – 22:00 WIB. Jika pada GAPEKA 2019 lalu terdapat 964 perjalanan selama masa PSBB, maka mulai hari ini terdapat 984 perjalanan KRL. Penambahan 20 perjalanan ini terbagi untuk lintas Bogor, Cikarang, Rangkasbitung, dan Tangerang.

Hingga pukul 15:00 WIB terdapat 210.459 pengguna yang telah menggunakan jasa KRL. Angka ini bertambah 2% dibanding satu hari sebelumnya. Jumlah pengguna tertinggi hingga pukul 15:00 sore ini antara lain tercatat di Stasiun Bojonggede (14.995 pengguna), Stasiun Citayam (14.845 pengguna), dan Stasiun Bekasi (10.365 pengguna). 

Baca Juga:
KRL Layani Lebih 11 Juta Penumpang Selama Ramadan, Stasiun Rawa Buaya Ditingkatkan untuk Naik Turun Pengguna Commuter Line Basoetta

Jadwal terbaru KRL Commuter Line, KRL Yogyakarta – Solo PP, dan KA Prambanan Ekspres dapat diakses melalui website www.krl.co.id. Jadwal perjalanan, posisi real time, dan informasi kepadatan stasiun juga dapat dilihat pada aplikasi KRL Access di platform Android maupun iOS. Pengguna kami ajak merencanakan perjalanannya dengan bijak pada pemberlakuan jadwal terbaru ini. Sebelum berangkat, gunakan aplikasi KRL Access untuk memantau posisi kepadatan di stasiun agar terhindar dari situasi padat di stasiun maupun di dalam KRL.

Seluruh protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku. Aturan-aturan tambahan ini yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10:00 hingga 14:00 WIB. Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk. Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL. Protokol kesehatan 5M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas) juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas kami di stasiun maupun di dalan KRL. Aturan ini penting untuk selalu diikuti demi kesehatan bersama. (omy/lia)

Baca Juga:
Tren Volume Penumpang KRL Jabodetabek Naik saat Ramadan, Stasiun di Kawasan Pusat Perbelanjaan Terpantau Ramai