Jelang HUT ke-33, 5 Pangkalan PLP Tegaskan Sebagai Basis Pengamanan Perairan

  • Oleh : Naomy

Kamis, 18/Feb/2021 18:33 WIB
Tim PLP Ditjen Hubla Tim PLP Ditjen Hubla

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menjelang HUT ke-33 lima Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) di bawah Direktorat Kesatuan Penjagan Laut dan Pantai (KPLP) tegaskan sebagai  basis pengamanan perairan di Indonesia.

Kelima Pangkalan tersebut adalah Pangkalan PLP Tanjung Priok, Pangkalan PLP Tanjung Uban, Pangkalan PLP Tanjung Perak, Pangkalan PLP Bitung, dan Pangkalan PLP Tual. 

Baca Juga:
Kemenhub Sosialisasikan PAS Kecil Kapal Elektronik

Kehadiran kelima Pangkalan PLP tersebut akan semakin memperkuat KPLP dalam menjamin keselamatan dan keamanan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di wilayah perairan Indonesia.

Direktur KPLP Ahmad menguraikan, dulunya Pangkalan PLP dikenal dengan nama Armada Penjagaan Laut dan Pantai yang dibentuk pada 26 Februari 1988 melalui KM 18 tahun 1988 tentang Organisasi dan Tata Kerja Armada Penjagaan Laut dan Pantai. Sejak saat itu pula, tanggal 26 Februari diperingati sebagai hari ulang tahun Pangkalan PLP.

Baca Juga:
Kemenhub Rekonsiliasi Klasifikasi Kapal Berbendera Indonesia dan Sertifikasi Garis Muat Kapal

"Pada tahun 2002, Armada Penjagaan Laut dan Pantai berubah menjadi Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai berdasarkan KM. 65 tahun 2002 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai," jelasnya di Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Di usianya yang akan menginjak 33 tahun pada 26 Februari 2021, dia meyakini Pangkalan PLP semakin siap melaksanakan kegiatan penjagaan, penyelamatan, pengamanan, penertiban dan penegakan peraturan di bidang pelayaran untuk seluruh perairan di Indonesia.

Baca Juga:
Dukung Progam Pemerintah, BUMN BKI Kawal Pembangunan Pelabuhan dan Kapal

Sebagai wujud dharma bakti KPLP dan PLP di masa pandemi, dan wujud nyata KPLP melayani negeri dengan berbagai kegiatan.

"Di antaranya kegiatan donor darah, partisipasi dalam rangka SAR SJ-182 dan sumbangsih untuk masyarakat melalui pembagian life jacket menjadi bagian dari rangkaian acara HUT KPLP dan PLP tahun ini," imbuh dia. 

Tahun ini, puncak perayaan HUT KPLP ke-48 dan Pangkalan PLP ke-33 akan dipusatkan di Pangkalan PLP Surabaya dengan melaksanakan upacara gelar pasukan. 

"Untuk memeriahkan acara tersebut, rencananya akan ditampilkan berbagai pertunjukkan seperti atraksi Boarding Officer, bela diri dan yel-yel oleh pegawai Pangkalan PLP Tanjung Perak," pungkas Ahmad. (omy)