Angkasa Pura II Prediksi Penumpang Tembus 40 Juta di Tahun 2021

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 19/Feb/2021 08:49 WIB
Bandara Soekarno-Hatta Bandara Soekarno-Hatta


TANGERANG (BeritaTrans.com) - PT Angkasa Pura II sebagai pengelola 19 bandara memprediksi tahun ini jumlah penumpang akan meningkat.

"Kami prediksi jumlahnya bisa mencapai 40 juta penumpang," jelas President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga:
Digital Talent, Penopang Strategi Transformasi Digital Tingkat Nasional

Peningkatan tersebut kata dia, karena tahun ini diprediksi menjadi tahun pemulihan dari Pandemi Covid-19.

Tahun lalu menurutnya jumlah penumpang mencapai 35 juta orang untuk keberangkatan dan kedatangan. 

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

"Ini tergantung seluruh pihak berkepentingan di bangsa ini berkolaborasi. Seperti pemerintah dengan perbaikan ekonominya, seluruh stake holder di dunia industri juga saling berkolaborasi," ujar Awaluddin dilansir dari liputan6.

Optimisme itu juga dibarengi dengan adanya keunggulan Indonesia yang memiliki penerbangan domestik yang banyak. Meski penerbangan internasional dibatasi maka potensi terbang masyarakat masih cukup tinggi untuk ke daerah-daerah.

Baca Juga:
Tahun 2024, Bandara SMB II Palembang Target Layani 2,7 Juta Penumpang

Awaluddin mencontohkan, pada kwartal IV tahun 2020 di Bandara Soekarno-Hatta sempat mengalami pergerakan penumpang mencapai 930-950 hanya dalam satu hari saja.

"Angka itu merepresentasikan pergerakan pesawat untuk trafik domestik. Jadi kalau kemudian, ada defiasi dengan kondisi sebelum pandemi itu sekitar 1.200 (pergerakan), berarti ada sekitar 250 sampai 300 ada gep, dan itu adalah trafik internasional," ungkapnya.

Optimisme lainnya yang meyakinkan akan ada peningkatan adalah sudah mulai gencarnya vaksinasi Covid-19 yang mulai membidik masyarakat Februari-Maret 2021 ini.