Bandara Kertajati Kembali Layani Penerbangan Kargo Logistik Tujuan Batam

  • Oleh : Taryani

Sabtu, 20/Feb/2021 13:48 WIB
Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi dan pengamat kebijakan publik Agus Pambagio Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi dan pengamat kebijakan publik Agus Pambagio

MAJALENGKA (BeritaTrans.com) - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) kembali melayani angkutan logistik tujuan Bandung - Batam.

Rencana penerbangan logistik pertama  akan dilakukan pada Selasa,  23 Februari 2021.

   Garuda Indonesia menjadi maskapai penerbangan logistik pertama yang akan terbang dari BIJB. Pesawat yang digunakan merupakan pesawat barang.

"Sebenarnya kami juga sudah melaksanakan pengiriman kargo. Namun dengan pesawat penumpang jadi mengikuti rute pesawat yang ada. Tujuannya antara lain Kualanamu dan ke Padang. Besok adalah pesawat kargo carteran,"  kata Dirut PT BIJB Salahudin Rafi ditemui di kantornya.

   Pada Selasa nanti, menurutnya pesawat cargo Garuda akan mengangkut barang seberat 10 ton  yang telah dicarter oleh PT KSB, perusahaan lokal asal Jabar.

Barang tersebut milik para pengusaha yang tergabung pada Asosiasi Perusahaan Nasional Pengiriman dan Pengantaran Barang Indonesia atau Asperindo Jabar.

 Ia mengatakan pengiriman kargo menjadi salah satu upaya meramaikan kembali bandara yang sepi akibat Covid-19. Dengan dibukanya kembali penerbangan diharapkan pemulihan ekonomi di Jabar juga bisa berjalan lagi. "Jika penerbangan jalan lagi maka akan ada pekerja lagi, warung kembali buka dampaknya akan luas," katanya.

   Disisi lain, pembangunan Tol Cisumdawu juga terus dikebut sehingga akhir tahun 2021 bisa selesai dan tersambung dengan Tol Cipali.

   Diakuinya akses menuju BIJB menjadi persoalan krusial untuk meramaikan kembali BIJB pasca Covid-19. Sambil menunggu  BIJB akan terus melakukan pembenahan termasuk menyiapkan pembangunan Aerocity dan Cargo Village.

   Salahudin Rafi mengatakan,  pembangunan akses tol, kereta cepat, kereta logistik, nantinya diprogramkan mampu menghubungkan Pelabuhan Patimban, Cirebon, Brebes, Subang, hingga Karawang.

   Tahun ini BIJB juga melakukan lelang terbuka dan mencari investor untuk membangun Aerocity dan Cargo Village. Sementara pihak Garuda Indonesia menyebutkan penerbangan kargo dari BIJB menuju Batam akan beroperasi seminggu sekali. (Taryani)