Puing Logam Mesin Pesawat Kargo Boeing 747-400 Timpa Warga, Rumah dan Mobil

  • Oleh : Redaksi

Senin, 22/Feb/2021 00:05 WIB


Pecahan logam dari mesin pesawat menancap ke atap mobil.

MAASTRICHT (BeritaTrans.com) - Pesawat kargo yang berangkat dari Bandara Maastricht Aachen (MST), Belanda,  kehilangan bagian logamnya saat terbang menuju New York.

Baca Juga:
Pesawat Kargo Boeing 747-400 UPS Tergelincir di Taxiway Bersalju

 Tampaknya pecahan ini berasal dari kerusakan mesin, dengan sumber yang mencatat bahwa pesawat yang terlibat adalah Boeing 747-400.

Sumber juga melaporkan bahwa beberapa orang di tanah terluka ringan sementara berbagai mobil dan properti rusak akibat jatuhnya pecahan. Pesawat itu dialihkan ke Liege.

Longtail Aviation, yang mengoperasikan Boeing 747 tersebut, menyatakan: 

Tak lama setelah keberangkatan, kru melihat adanya masalah mesin, dan mengikuti prosedur yang benar untuk menyelidiki masalah tersebut. Sebagai hasil dari ini, keputusan dibuat, dengan persetujuan lalu lintas udara, untuk mengalihkan ke Bandara Liege, Belgia, di mana ia mendarat dengan selamat.

Longtail Aviation menyatakan telah mengaktifkan Rencana Tanggap Darurat dan berkoordinasi dengan semua pihak terkait.

“Awak penerbangan kami menangani situasi ini secara profesional dan sesuai dengan standar penerbangan yang benar, sehingga menghasilkan pendaratan yang aman dan lancar,” kata Martin Amick, Manajer Akuntabel untuk Longtail Aviation. "Kami sekarang sedang dalam proses bekerja sama dengan pihak berwenang Belanda, Belgia, Bermuda, dan Inggris untuk memahami penyebab insiden ini."

Menurut situs Belanda Up in the Sky, penerbangan yang terlibat adalah LGT5504 dengan pesawat kargo Boeing 747-400 yang dioperasikan oleh Longtail Aviation.

Pesawat berusia 30 tahun itu terdaftar sebagai VQ-BWT. Video yang diambil dan diposting ke Twitter menunjukkan 747 mengeluarkan asap di atas langit Meerssen - kurang dari tiga kilometer dari landasan pacu Bandara Maastricht Aachen.

NOS.nl melaporkan bahwa potongan logam jatuh dari pesawat di daerah Meerssen, menambahkan bahwa dua orang terkena puing-puing, menderita luka ringan.

Seorang wanita dikirim ke rumah sakit dengan cedera kepala. Selain itu, mobil dan rumah rusak, tetapi pada titik ini, tingkat kerusakannya tidak diketahui. Foto yang diposting ke Twitter juga memberi kami gambaran yang lebih dekat tentang fragmen dan kerusakan yang ditimbulkannya pada kendaraan.

Di pos yang disematkan di bawah ini, Anda dapat melihat satu fragmen menusuk atap mobil, menunjukkan bahaya yang sangat nyata dari fragmen ini terhadap siapa pun di luar.

Ada kecurigaan bahwa ada benda yang tertelan ke dalam mesin sehingga menyebabkan kerusakan pada bilah turbin.

Berangkat sekitar pukul 16:10 CET, penerbangan LGT5504 menuju New York. Namun karena kerusakan mesin, pesawat dialihkan. Terbang dengan tiga mesin, 747 menuju ke Liège (LGG) terdekat di Belgia, terbang di ketinggian 10.000 kaki.

Jalur penerbangan pesawat. Jet itu mengelilingi Liège beberapa kali. Foto: RadarBox.com.

Grafik kecepatan dan ketinggian penerbangan pesawat. Foto: RadarBox.com

Pihak otoritas Belanda telah membuka penyelidikan atas insiden tersebut. Karena ini adalah cerita yang berkembang, lebih banyak informasi akan dimasukkan setelah tersedia.

Tentang Longtail Aviation

Longtail Aviation adalah perusahaan charter yang berbasis di Bermuda yang menawarkan transportasi jet pribadi selain layanan transportasi kargo berat. Untuk layanan kargo, situs web perusahaan mencatat  menyediakan  dua kargo 747-400.

(jasmine/sumber: simpleflying.com).