Cuaca Ekstrem, BPTJ Imbau Pengguna Jasa Transportasi Aktif Akses Pembaruan Informasi

  • Oleh : Naomy

Senin, 22/Feb/2021 17:00 WIB
Jalur rel banjir Jalur rel banjir

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Curah hujan tinggi yang berdampak banjir pada beberapa wilayah yang terjadi beberapa hari ini, memberi dampak juga pada penyelenggaraan transportasi perkotaan di Jabodetabek.

Beberapa layanan transportasi khususnya yang berbasis jalan dari laporan yang diterima Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek (BPTJ), sempat dihentikan sementara atau dilakukan pengalihan akibat terhambat banjir. 

Baca Juga:
BPTJ Pastikan Kesiapan SPM di Stasiun Pondok Rajeg Jelang Dioperasikan

Mengingat kondisi cuaca ekstrem masih mungkin terjadi pada beberapa hari ke depan, masyarakat diharapkan lebih aktif mengakses semua informasi terkait pelayanan transportasi. 

"Dengan demikian masyarakat akan dapat melakukan antisipasi terlebih dahulu jika terdapat gangguan penyelenggaraan transportasi, sehingga dapat mengambil keputusan lebih dini jika harus bermobilitas," jelas Direktur Prasarana Badan Pengelola Transpotasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan Edy Nursalam di Jakarta, Senin (22/2/2021). 

Baca Juga:
BPTJ Akan Tambah Lintasan Skybridge Bojonggede Menuju Peron Arah Jakarta

Dia menyebutkan bahwa BPTJ telah memerintahkan semua operator penyelenggara transportasi di Jabodetabek untuk cepat tanggap menyampaikan informasi ke publik jika terjadi gangguan pelayanan akibat bencana banjir dan cuaca buruk akhir akhir ini. 

Menurutnya, transportasi publik merupakan bagian dari pelayanan publik maka wajib secara cepat diinformasikan bila ada masalah dalam pelayanan, sekalipun disebabkan karena bencana alam.  

Baca Juga:
MRT & LRT Jakarta Beroperasi hingga Jam 2 di Malam Tahun Baru

"Untuk itu kami telah menyampaikan kepada segenap operator transportasi untuk mengindahkan hal ini," ungkap Edy.

Adapun untuk kanal-kanal informasi layanan penyedia sarana dan prasarana transportasi yang dapat diakses diantaranya adalah akun media sosial PT. KCI (@commuterline)  dan akun twitter resmi layanan pelanggan PT. KAI (@KAI121). Untuk MRT Jakarta masyarakat dapat mengakses melalui akun twitter @mrtjakarta dan untuk PT. TransJakarta melalui @pt_transjakarta. 

Untuk pengguna jalan tol, masyarakat dapat mengakses informasi melalui  akun twitter resmi lalu lintas penyelenggara jalan tol yaitu @ptjasamarga. Pengguna transportasi Jabodetabek juga dapat mengakses informasi melalui akun Instagram BPTJ @bptjkemenhub.

Edy menambahkan, pada dasarnya penyelenggaraan transportasi perkotaan di Jabodetabek tidak boleh sama sekali terhenti meski terjadi banjir. 

Oleh karena itu BPTJ menerjunkan tim yang bersama dengan instansi lain saat ini tengah melalukan pemetaan wilayah yang berpotensi rawan terjadi gangguan pelayanan transportasi bila terjadi banjir, termasuk bagaimana mengkoordinasikan langkah antisipasinya.

"BPTJ hari ini telah melakukan rapat koordinasi melibatkan semua Dishub Pemprov/ Pemkot/Pemkab se-Jabodetabek serta para operator transportasi," ungkap dia.

Pihaknya sepakat untuk siap siaga mengantisipasi kemunginan dampak cuaca buruk beberapa hari ke depan terhadap transportasi.

Menyusul terjadinya banjir yang melanda beberapa wilayah di Jabodetabek, sejauh ini kondisi beberapa Terminal Bus dalam kondisi relatif aman termasuk keempat terminal yang berada di bawah pengelolaan BPTJ. 

Meski keempat terminal di bawah pengelolaan BPTJ yang terdiri dari Terminal Baranangsiang Bogor, Terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan, Terminal Jatijajar Depok dan Terminal Poris Plawad Tangerang relatif aman, langkah-langkah antisipatif tetap perlu untuk dilakukan. 

"Kondisi relatif aman juga terpantau di Terminal Pulo Gebang, Terminal Tanjung Priok dan Terminal Kalideres Jakarta. Berbeda dengan kondisi terminal-terminal di atas, banjir terjadi di Terminal Kampung Rambutan," ujar dia.

Meski terdapat beberapa titik yang terdampak banjir, layanan operasional di Terminal Kampung Rambutan tetap berjalan normal. 

Langkah penanganan banjir di Terminal Kampung Rambutan saat ini tengah dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air Pemerintah Provinsi DKI Jakarta salah satunya melalui pembuatan waduk agar dapat menampung air dan mengantisipasi supaya tidak terulang kembali meluapnya air sungai hingga ke terminal.    

Penumpukan penumpang akibat terjadinya banjir justru terdapat di terminal Bekasi. Penumpukan terjadi karena kedatangan bus yang terlambat akibat terjebak banjir. 

"Namun demikian, kondisi tersebut berangsur berkurang seiring dengan mulai menurunnya ketinggian air yang menggenangi beberapa titik di jalan tol Jakarta – Cikampek setelah dilakukan penyedotan air oleh Jasa Marga," pungkas Edy. (omy)