Hari Ini, Komjen Agus Adrianto Dilantik Jadi Kabareskrim

  • Oleh : Bondan

Rabu, 24/Feb/2021 08:46 WIB
Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Foto: Inews.id Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto. Foto: Inews.id

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan melantik Komjen Agus Andrianto sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, hari ini, Rabu (24/2/2021). Pelantikan itu akan berlangsung dalam upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) di Gedung Mabes Polri. 

Rencananya kegiatan itu berlangsung pukul 12.00 WIB. Dilantiknya Komjen Agus Andrianto sebagai Kabareskrim sesuai dengan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 yang ditandatangani oleh As SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan tanggal 18 Februari 2021 atas nama Kapolri.

Baca Juga:
Gelar Wayang Kulit, Kapolri: Perkuat Sinergitas TNI-Polri dan Semakin Dekat dengan Masyarakat

Selain Kabareskrim, upacara Sertijab itu juga akan dilakukan ke posisi Jenderal bintang tiga lainnya, yakni, Kabaharkam, Kalemdiklat dan Kabaintelkam. Lalu, ada sejumlah Kapolda, Wakapolda, dan Wakabareskrim.

"(Sertijab) akan dilakukan seluruhnya (dalam surat telegram)," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono saat dikonfirmasi.

Baca Juga:
Kapolri Instruksikan Jajarannya Bantu Program Pemerintah Turunkan Angka Stunting

Sebagaimana termaktub dalam telegram, jabatan Kabaharkam akan diisi oleh Komjen Arief Sulistyanto yang sebelumnya menjabat Kalemdiklat.

Lalu, Komjen Rycko Amelza Dahniel yang tadinya menjabat Kabaintelkam kini dipercaya mengembang tugas sebagai Kalemdiklat. 

Baca Juga:
Kapolri Disematkan Jadi Warga Kehormatan Marinir, Sinergitas TNI-Polri Makin Kokoh

Satu-satunya Jenderal bintang dua yang dipromosikan menjabat job bintang tiga adalah Irjen Paulus Waterpauw yang sekarang sebagai Kapolda Papua. Paulus kini ditunjuk menjadi Kabaintelkam Polri.

Sementara, Kapolda Papua akan diisi oleh Brigjen Mathius D. Fakhiri. Lalu, Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Panca Putra dirotasi ke Kapolda Sumatera Utara (Sumut). Sementara itu, Irjen Nana Sujana diangkat menjadi Kapolda Sulut.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Martuani Sormin dipercaya menjadi Koorsahli Kapolri. Selanjutnya, Irjen Hendro Sugiatno yang kini menjabat Asrena Kapolri diangkat menjadi Kapolda Lampung. 

Irjen Wahyu Hadiningrat yang saat ini menjabat Wakabareskrim diangkat menjadi Asrena Kapolri. Untuk jabatan Wakabareskrim, akan diisi oleh Brigjen Syahardiantono yang sebelumnya menjabat Dirtipidter Bareskrim Polri. 

Kombes Eko Rudi Sudarto dipercaya menjabat Wakapolda Papua. Wakapolda Kalteng Brigjen Suryanbodo Asmoro dipromosikan menjadi Kadivkum Polri.

Untuk posisi Wakapolda Kalteng nantinya diemban oleh Brigjen Ida Oetari Poernamasasi. Wakapolda Bali Brigjen Roycke Harry Langie dimutasi sebagai Anjak Utama Bidang Pidum Bareskrim Polri. Sementara, Wakapolda Bali akan dijabat Kombes I Ketut Suardana.

Posisi Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok sendiri kedepannya akan dijabat oleh AKBP Putu Kholis Aryana. Sementara itu, AKBP Ahrie Sonta yang tadinya mengisi posisi itu diangkat menjadi Sekpri Kapolri Spripim Polri. (Inews.id)