Jokowi Resmikan KRL Jogja-Solo: Ini Lebih Cepat dari Prameks

  • Oleh : Fahmi

Senin, 01/Mar/2021 15:13 WIB
Potongan gambar peresmian pengoperaional KRL Jogja-Solo melalui siaran langsung di Youtube Kepresidenan. Potongan gambar peresmian pengoperaional KRL Jogja-Solo melalui siaran langsung di Youtube Kepresidenan.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Commuterline atau KRL lintas Jogjakarta-Solo, Senin (1/3/2021). 

"Kami operasikan KRL Jogja-Solo yang telah siap. Ini adalah sebuah transportasi massal yang ramah lingkungan," kata Jokowi melalui siaran di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (1/3/2021). 

Baca Juga:
Naik KRL Jogja-Solo dan Jabodetabek Bisa Bayar Pakai GoPay, Ini Caranya

Jokowi mengatakan KRL Jogja-Solo tersebut lebih cepat dibandingkan KA Prambanan Ekspres atau Prameks. Bahkan biaya operasinya lebih murah dari KA Prambanan Ekspres. 

"Saya diberitahu, disampaikan bahwa KRL ini lebih cepat dibandingkan Prameks, terpaut kira-kira 10 menit lebih cepat. Kemudian dari sisi biaya operasi, juga jauh lebih murah 640 yang sebelumnya, sekarang 290. Ini sebuah apa, sebuah efisiensi yang sangat bagus sekali," ujarnya. 

Baca Juga:
Presiden Jokowi Dijadwalkan Resmikan Kereta Api Makassar-Parepare Akhir Oktober

Jokowi menyebut KRL adalah transportasi massa yang ramah lingkungan. Karena itu mantan Gubernur DKI Jakarta berharap alat transportasi massal kedepan harus lebih ramah lingkungan. 

"Yang peling penting kereta listrik ini ramah lingkungan. Saya kira moda transportasi di negara kita ke depan harus semuanya mengarah ke kereta, transportasi massal yang ramah lingkungan. Juga kendaraan-kendaraan, semuanya ke depan harus ramah lingkungan yaitu listrik," ucap dia. 

Baca Juga:
Stasiun BNI City Disosialisasi untuk Naik Turun Penumpang KRL

Lebih lanjut, Jokowi berharap KRL Jogja-Solo dapat mempermudah mobilisasi masyarakat, barang. Selain itu juga meningkatkan pariwisata dan ekonomi daerah. 

"Kami harapkan ini bisa membantu baik mobilisasi orang maupun barang dari Jogja ke Solo, Solo ke Jogja dan juga bisa meningkatkan pariwisata dan ekonomi," katanya. 

Dalam peresmian tersebut, Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga menjalal KRL Jogja-Solo.(fahmi)