100 Warga Sekitar Pelabuhan Tanjung Perak Terlibat Program Padat Karya

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Mar/2021 12:48 WIB
Program Padat Karya di Pelabuhan Tanjung Perak (Hubla) Program Padat Karya di Pelabuhan Tanjung Perak (Hubla)

SURABAYA (BeritaTrans.com) -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Surabaya melaksanakan program padat karya yang melibatkan 100 orang masyarakat sekitar. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (5-6 Maret 2021).

Baca Juga:
KSOP Gresik dan Beacukai Berhasil Tuntaskan Kasus Pelanggaran Kepabeanan Kapal

Kegiatan ini dihadiri Komisi V DPR H. Sungkono, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Arif Toha, Kepala Kantor Distrik Navigasi Surabaya Capt. Sugiono, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kepala Armada PLP Tanjung Perak, Lurah Perak Timur, Perak Barat dan Perak Utara. 

"Kegiatan Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan ini merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 73 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penyelenggaraan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah kebijakan tanggap darurat pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19)," jelas Arif di Surabaya, Jumat (5/3/3021).

Baca Juga:
Pelayaran Diminta Waspadai Cuaca Ekstrem Dampak Bibit Siklon Tropis

Lantaran kegiatan ini berlangsung di tengah masa pandemi Covid-19 maka seluruh proses dilakukan  dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan melalui Gerakan 3 M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak).

"Diharapkan kegiatan Padat Karya ini dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak Pandemi Covid-19," lanjutnya.

Baca Juga:
Penting, Penyusunan SOP Pemeriksaan Kecelakaan Kapal

Dia mengungkapkan kegiatan padat karya tersebut melibatkan warga sekitar di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak  dari 3 kelurahan dengan upah Rp150.000 per orang setiap harinya. 

Warga dari Kelurahan Perak Timur sebanyak 30 orang, warga dari Kelurahan Perak Barat sebanyak 35, dan warga dari Kelurahan Perak Utara sebanyak 35 orang dan mulai bekerja sejak pukul 08.00 pagi," ujarnya. 

Adapun program padat karya kali ini meliputi pemeliharaan atau perawatan fasilitas sarana dan prasarana di lingkungan Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak yaitu pembersihan halaman kantor, pengecatan pagar dan tembok keliling kantor, pembersihan gudang, pengecatan jalur evakuasi serta pengecatan berm taman.

Seperti diketahui, Kemenhub menjadi salah satu Kementerian yang menyelenggarakan program padat karya. Jenisnya terdiri dari pembangunan, pemeliharaan, perbaikan serta pembersihan sarana dan prasarana transportasi. (omy)