PLN Pasok Listrik 8.660 kVA ke Pelabuhan Pelindo III di Semarang

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 05/Mar/2021 13:36 WIB
foto:istimewa/ilustrasi foto:istimewa/ilustrasi

JAKARTA. Perusahaan Listrik Negara (PLN) memasok kebutuhan listrik bagi PT Pelindo III (Persero) Regional Jawa Tengah. Melalui layanan Premium Silver, PLN akan memasok listrik sebesar 8.660 kilo Volt Ampere (kVA) untuk shore connection pada pelabuhan di Semarang, Jawa Tengah. 


General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Feby Joko Priharto menjelaskan, shore connection merupakan jaringan listrik yang dipasang pada dermaga untuk digunakan oleh kapal yang bersandar di pelabuhan. Fasilitas ini untuk menggantikan sumber energi kapal selama bersandar yang sebelumnya menggunakan mesin kapal berbahan bakar minyak. 

Baca Juga:
Sukses Angkutan Laut Lebaran 2024, KSOP Utama Tanjung Priok Gelar Penutupan Bersama Stakeholder di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

“Pelabuhan milik PT Pelindo III yang mendapatkan layanan prioritas premium antara lain Pelabuhan Tanjung Emas dan Terminal Peti Kemas Semarang. Selain itu PLN juga memberikan sambungan listrik kepada Pelabuhan Tegal dan Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap,” ujar Feby dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (04/03/2021).

Dia menambahkan, sinergitas ini sejalan dengan nilai kolaboratif Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebagai perusahaan plat merah, PLN dan Pelindo III membangun kerjasama yang sinergis melalui program shore connection pelabuhan. 

Baca Juga:
Pangkalan PLP Tanjung Priok Gelar Apel Penutupan Posko Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Lebaran 2024

CEO PT Pelindo III Regional Jawa Tengah, Ali Sodikin mengungkapkan keuntungan menggunakan listrik PLN ketimbang bahan bakar solar. “Selain dari sisi penghasilan yang meningkat, juga membantu mengurangi biaya logistik. 

Kalau menggunakan listrik PLN bisa lebih efisien dan terjangkau maintenance-nya,” ungkap dia. 

Baca Juga:
Dirjen Hubla Dorong e-Tiketing Diterapkan di Semua Layanan Kapal

Dengan hadirnya layanan prioritas dari PLN ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Pelindo III kepada masyarakat dan berdampak signifikan untuk Provinsi Jawa Tengah melalui pasokan listrik yang handal dan terjamin.(amt/sumber:kontan.co.id)