Bangkitkan Sektor Parekraf Tanah Air, Kemenparekraf Kolaborasi dengan Kemendag

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 05/Mar/2021 19:03 WIB
Menparekraf saat sambangi pelaku parekraf Menparekraf saat sambangi pelaku parekraf

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Bangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggandeng Kementerian Perdagangan untuk berkolaborasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan pihaknya memiliki beberapa program yang saling mendukung dengan Kemendag. Sehingga, Sandiaga pun mengajak Menteri Perdagangan, M. Luthfi dan jajarannya untuk duduk bersama dan menyinergikan program-program pemulihan ekonomi nasional yang berkaitan erat dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dikembangkan kedua kementerian.

Baca Juga:
Menparekraf: Jaga Kearifan Lokal dalam pengembangan SDM Pariwisata Toba

“Alangkah baiknya kalau kita duduk bersama dan mencari satu atau dua kesamaan program seperti di sektor kuliner dan fesyen misalnya. Sehingga kita bisa memetakan mana program yang berpotensi mendatangkan hasil maksimal,” kata Sandiaga dalam Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021 yang digelar daring, Kamis (4/3/2021),

Dia memaparkan, program gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia dengan kegiatan seperti “Ada di Warung” dan #BeliKreatifLokal yang bertujuan memperkenalkan dan mengajak para pelaku ekonomi kreatif untuk memasarkan dan memperkenalkan produknya lewat platform digital. 

Baca Juga:
Kemenparekraf Manfaatkan Aplikasi Tlusur Sediakan Informasi Destinasi Wisata

Sandiaga menyebutkan, hingga Januari 2021, sudah ada sekitar empat juta pelaku ekonomi kreatif yang onboarding ke platform digital lewat gernas BBI.

“Sejak Mei 2020, sudah ada sekitar empat juta pelaku ekonomi kreatif yang masuk ke dalam ekosistem digital. Rencananya tahun ini kita ingin ada enam juta pelaku ekonomi kreatif yang onboardingke ekosistem digital, sehingga total nantinya sudah ada 10 juta pelaku ekonomi kreatif atau UMKM yang onboarding ke platform digital,” katanya.

Baca Juga:
Menparekraf Tekankan Pentingnya Digitalisasi bagi Pelaku Usaha Kuliner

Sandiaga juga mendorong agar pengaturan country of origin bagi produk-produk kreatif lokal untuk meningkatkan pemasaran produk-produk tersebut. 

“Pengaturan ini dinilai berperan penting untuk mendorong pemasaran produk kreatif lokal Indonesia,” ucapnya.

Hal ini disambut baik oleh Mendag M. Luthfi. Kerja sama dengan Kemenparekraf/Baparekraf untuk meningkatkan dan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air.

Terutama dalam hal pembentukan ekosistem digital yang berpihak kepada pelaku ekonomi kreatif berskala mikro, kecil, dan menengah.

Ini bisa dikerjakan bersama-sama, Kementerian Perdagangan akan mengatur hal-hal untuk menciptakan asas-asas perdagangan yang menjadi acuan perdagangan internasional yaitu perdagangan yang adil dan bermanfaat. 

Oleh sebab itu saya akan kontak kantor Menteri untuk kita bersama-sama menangani permasalahan teknologi digital, ini bukan hanya baik buat konsumerisme Indonesia tetapi untuk pelaku UMKM tentunya, termasuk industrinya,” kata Luthfi. (omy)