Pengusaha dan UMKM Diajak Manfaatkan Layanan Kargo di Bandara Kertajati

  • Oleh : Taryani

Senin, 22/Mar/2021 08:26 WIB
Pelepasan penerbangan kargo di Bandara Kertajati. (Ist.) Pelepasan penerbangan kargo di Bandara Kertajati. (Ist.)

MAJALENGKA (BeritaTrans.com) – “Saya sudah meminta Kadin Jabar dan tim pemulihan ekonomi Jabar untuk menginventarisir pergerakan ekspor yang masih menggunakan point of ekspor di bandara lain untuk dipindahkan ke bandara Kertajati,” terang Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Minggu (21/3/2021)

Gubernur mengemukakan hal itu terkait pernyataan Ketua Divisi Pariwisata Telekomunikasi dan Transportasi Satgas PED Jawa Barat, Dedi Taufik yang  mengajak para pengusaha dan eksportir untuk memanfaatkan pengiriman kargo bandara Kertajati, Majalengka.

Ia menginginkan,  pemanfaatan layanan ini bisa menjangkau pasar dari wilayah Jabar bagian utara juga sebagian Jawa Tengah. Banyak komoditas ekspor Jawa Barat yang permintaan serta pasarnya tinggi. Komoditas ubi yang dibutuhkan di Jepang. Juga jahe merah oleh Singapura dan Hongkong.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah mengirimkan surat resmi kepada pemerintah pusat untuk memanfaatkan bandara Kertajati bagi penerbangan kargo.

Tujuannya adalah mengakselerasi dan mengoptimalkan upaya pemulihan ekonomi. Hal ini didasarkan dengan catatan pada tahun 2019. Aktivitas ekspor dari wilayah Jawa Barat mencapai USD 29,93 Miliar. Sedangkan impor barang yang masuk sebesar USD 11,04 Miliar.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun ujarnya  sudah menjalin kerjasama dengan PT Garuda Indonesia mengembangkan industri kargo di BIJB Kertajati. Kerjasama ini sudah ditandai. Penerbangan perdana pesawat B737 800 NG Garuda Indonesia menuju Batam pada akhir Februari lalu.

Ketua Divisi Pariwisata Telekomunikasi dan Transportasi Satgas PED Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan,  tarif yang ditawarkan dalam pengiriman kargo di bandara Kertajati cukup murah dan menarik. Layanan ini terbuka untuk para pelaku usaha di berbagai kelas. Dari mulai pelaku UMKM hingga pengusaha yang bergerak di sektor manufaktur.

Bisa pula dimanfaatkan oleh pengusaha di sektor pertanian dan  perikanan. Termasuk jasa pengiriman kargo. “Mereka bisa memanfaatkan layanan penerbangan Bandara Kertajati dengan tarif yang menarik,” kata Dedi Taufik.

Pria yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat ini menyatakan, penerbangan kargo bandara Kertajati-Batam dibuka sekali dalam sepekan.

“Untuk minggu depan Selasa 23 Maret 2021 pukul 11.00 WIB dan seterusnya setiap minggu waktunya sama. Jika ingin tahu tarif menarik yang ditawarkan bisa hubungi kontak kargo Bandara Kertajati di 0817-9295-988 atau 0812-1749-4866, ada paket murah” terang dia. (Taryani)