Dukung Kebangkitan Kembali Transportasi Udara, 3 Ribu Personel Garis Depan Angkasa Pura I Terima Vaksinasi

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 23/Mar/2021 12:34 WIB
Vaksinasi karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara  I Gusti Ngurah Rai Bali. Vaksinasi karyawan Angkasa Pura I Kantor Cabang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Jakarta (BeritaTrans.com)  - Sebagai salah satu instansi dalam pelayanan publik serta sebagai tulang punggung dalam moda transportasi udara yang tetap beroperasi di tengah pandemi COVID-19, PT Angkasa Pura I (Persero) mulai mengikuti program vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan oleh Pemerintah. 

Hingga Senin (22/3), sekurangnya 3.370 pegawai Angkasa Pura I yang terdiri dari personel garis depan yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa bandara, serta pegawai administrasi, telah menerima suntikan vaksin COVID-19 secara bertahap.

Baca Juga:
Jelang Angleb, Bandara Supadio Pontianak Memastikan Pelayanan Prima

Hal ini merupakan wujud komitmen dari Angkasa Pura I dalam mendukung percepatan program vaksinasi nasional yang dicanangkan oleh Pemerintah, serta untuk membangkitkan rasa percaya diri masyarakat luas terhadap layanan di bandara yang dikelola oleh Angkasa Pura I pada khususnya.

"Angkasa Pura I sangat mendukung program vaksinasi dari Pemerintah, baik yang diselenggarakan oleh Kementerian BUMN maupun hasil kolaborasi dengan instansi lain, seperti misalkan dari Kantor Otoritas Bandar Udara yang berada di bawah kewenangan Kementerian Perhubungan serta Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bawah Kementerian Kesehatan," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Baca Juga:
Sepanjang Februari, AP1 Layani 5 Juta Penumpang

"Utamanya, karena kami berada di garis depan dalam pelayanan publik dalam sektor transportasi udara, tentunya kami sangat mengutamakan kondisi personel garis depan di bandara yang berhubungan langsung dengan pengguna jasa bandara untuk selalu berada dalam kondisi yang sehat, aman, dan selamat. Program vaksinasi ini merupakan suatu langkah yang sangat positif di tengah pandemi ini," imbuhnya. 

Untuk rinciannya, sebanyak total 3.190 personel Angkasa Pura I di 15 bandara kelolaan, serta 180 personel yang berdinas di kantor pusat di Jakarta telah mengikuti program vaksinasi tersebut. 

Baca Juga:
Tahun 2024, Bandara SMB II Palembang Target Layani 2,7 Juta Penumpang

Dari 3.190 personel di 15 bandara tersebut terbagi menjadi 1.085 personel garis depan atau frontliner yang terdiri dari personel Aviation Security, Customer Service Officer, Terminal Service Officer, dan petugas Airport Rescue and Fire Fighting, serta 2.105 personel administrasi.

Menurut Faik Fahmi, dengan adanya vaksinasi ini diharapkan akan mengurangi risiko paparan dan penyebaran Virus Corona di lingkungan bandara, serta untuk memberikan imunitas tubuh dari personel bandara garis depan yang bersentuhan langsung dengan pengguna jasa bandara. 

"Dengan adanya vaksinasi untuk para personel kami ini, diharapkan dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat luas untuk dapat kembali menggunakan transportasi udara dengan nyaman dan aman. Hal ini tentunya akan berimplikasi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," tambah Faik Fahmi.

"Mewakili Manajemen perusahaan, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah atas terlaksananya program vaksinasi bagi personel Angkasa Pura I ini. Kami juga berharap, melalui keikutsertaan personel kami serta berbagai personel dari instansi pemerintah dan BUMN lain dalam program vaksinasi ini, dapat menjadi promotor dan contoh yang baik bagi masyarakat luas untuk dapat mengikuti program vaksinasi dari Pemerintah, demi tujuan terciptanya kekebalan massal di masyarakat," tutup Faik Fahmi.

Sebagai pengelola 15 bandara yang menjamin konektivitas udara di Indonesia dengan melayani hingga 80 ribu penumpang per harinya, PT Angkasa Pura I (Persero) berkomitmen untuk selalu menyediakan layanan prima terhadap pengguna jasa bandara di tengah kondisi pandemi ini, serta komitmen dalam penerapan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten. (omy/lia)