Tim Penyelam Basarnas Special Group Berhasil Menemukan 2 Jasad ABK KM Barokah Jaya

  • Oleh : Taryani

Senin, 05/Apr/2021 07:07 WIB
Tim Penyelam Basarnas Special Group (BSG) memasukan salah satu jenazah ABK KM Barokah Jaya ke kantong mayat,  Minggu (4/4/2021). (Ist.) Tim Penyelam Basarnas Special Group (BSG) memasukan salah satu jenazah ABK KM Barokah Jaya ke kantong mayat, Minggu (4/4/2021). (Ist.)

INDRAMAYU (BeritaTrans.com) – Tim Penyelam Basarnas Special Group (BSG), Minggu (4/4/2021) berhasil  menemukan dua Anak Buah Kapal (ABK) KM Barokah Jaya yang mengalami kecelakaan laut dan sempat hilang dalam kondisi meninggal dunia.

Titik ditemukannya jenazah 2 ABK itu berada di dalam lambung KM Barokah Jaya. Tim penyelam BSG  memastikan, sudah tidak ada lagi korban dalam bangkai KM Barokah Jaya yang terbalik, karena menabrak kapal MV Habco Pionner di laut Indramayu. 

"Penyelaman dihentikan, karena kondisi cuaca dan perairan kurang mendukung. Serta sudah tidak ada korban di dalam kapal MV Barokah Jaya dan jaring ikan,” ujar  juru bicara Basarnas,  Yusuf Latif seperti dilansir iNews.id,  Minggu (4/4/2021). 

Dengan demikian, ujar Yusuf Latif, operasi pencarian ABK hari ini berhasil menemukan dua orang dalam kondisi meninggal. Masih ada sekitar 15 ABK lagi yang  hilang. Saat penyelaman, cuaca tampak mendung dan arus kencang. Diduga, para korban telah terbawa arus laut dan angin kencang.

"Kapal KM Barokah Jaya masih mengapung dengan kondisi terbalik, diikat diburitan kapal MV Habco Pioneer. Prediksi kami, korban yang hilang, hanyut karena kondisi korban utuh," kata Yusuf.  

Dikatakan, ABK Habco Pioneer sempat ada yang melihat ABK KM Barokah Jaya yang mengambang dengan baju oranye, sekira pukul 01.00 WIB. Namun, ABK tersebut belum dievakuasi.  

"Karena dari info ABK MV Habco Pioneer melihat korban ngambang memakai baju orange, pada pukul 01.00 WIB, dini hari. Ya, jadi kapal itu masih ngegantung di permukaan sampai kedalaman 11 meter dalam posisi terbalik," katanya.

Dari total 32 ABK KM Barokah Jaya yang menjadi korban tabrakan dengan MV Habco Pioneer, di 60 mil laut utara perairan Indramayu, sebanyak 17 sudah ditemukan, dua orang dalam kondisi meninggal dunia.  Sedangkan 15 ABK lainnya yang hilang belum ditemukan.  (Taryani/ iNews.id)