Momen Libur Paskah, 62 Ribu Penumpang Dilayani Bandara Ngurah Rai Bali

  • Oleh : Naomy

Selasa, 06/Apr/2021 10:57 WIB
Petugas mengatur penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali (API) Petugas mengatur penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali (API)

MANGUPURA (BeritaTrans.com) - Di momen libur Paskah yang berlanjut dengan akhir pekan, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali peride 31 Maret - 4 April 2021 mencatat melayani 62.345 penumpang dan diangkut 577 pesawat udara.

Menurut General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali Herry A.Y Sikado, kepadatan penumpang yang masuk Pulau Dewata terlihat Kamis (1/4/2021).

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Tercatat sebanyak 8.875 penumpang datang. Sedangkan puncak arus balik terjadi pada 4 April 2021 dengan jumlah 9.907 penumpang berangkat.

"Pada momen libur Paskah tahun 2021, di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali terdapat lonjakan penumpang harian mencapai 14.764 perhari, berbeda dengan hari biasa pada penerbangan adaptasi kebiasaan baru," ungkapnya, Selasa (6/4/2021). 

Baca Juga:
Cuma 12 Hari Libur Lebaran, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Tembus 2,02 Juta, jadi Tersibuk di Asia Tenggara

Secara total penumpang yang kami layani selama 5 hari tercatat 62.345 penumpang, dengan rincian 29.588 penumpang berangkat melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali dan 32.577 kedatangan penumpang.

Adapun pesawat udara yang mengangkut 289 pergerakan untuk kedatangan sedangkan yang berangkat 288 pergerakan pesawat udara.

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 571 Ribu Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

"Berdasarkan data yang dihimpun penumpang yang masuk Pulau Bali 3 rute terbanyak berasal dari Jakarta, Surabaya dan Lombok serta 3 maskapai penumpang terbanyak selama 5 hari masa libur paskah yakni Citilink Indonesia, Batik Air dan Lion Air," ujar dia.

Dari data statistik, di tahun 2021 masa adaptasi kebiasaan baru ini merupakan capaian tertinggi harian yang dilayani Bandara Ngurah Rai yakni 14.764 baik datang maupun berangkat.

"Untuk antisipasi yang dilakukan Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, kami konsisten dalam penerapkan protokol kesehatan baik dalam fasilitas pengecekan suhu tubuh, maupun tim yang kami siagakan untuk memonitoring pelaksanaan protokol kesehatan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai - Bali," ujar Herry.

Lebih lanjut untuk persyaratan penerbangan Herry mengimbau calon penumpang, Perhatikan kelengkapan dokumen persyaratan penerbangan sesuai yang dipersyaratkan.

" Hsl itu karena saat tiba penumpang yang masuk Pulau Dewata akan diperiksa kembali untuk memastikan uji tes kesehatan bebas dari Covid-19, begitu juga sebaliknya penumpang yang akan berangkat terlebih dahulu akan divalidasi dokumen uji tes kesehatan hasil negatif Covid-19,” tutupnya. (omy)