Cegat Pemudik Lebaran, Polda Banten Bangun Check Poin Berlapis Menuju Pelabuhan Merak

  • Oleh : Dirham

Rabu, 07/Apr/2021 13:07 WIB
Pemeriksaan di Gerbang Tol Merak. Pemeriksaan di Gerbang Tol Merak.

SERANG (BeritaTrans.com) - Polda Banten membangun pos penyekatan dan pemeriksaan kendaraan secara berlapis untuk mencegat pemudik yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak di Kota Cilegon pada musim mudik lebaran nanti.

Pos penyekatan akan dibangun di ruas jalan arteri dan jalur tol Tangerang-Merak (Tamer).

Baca Juga:
Korlantas Polri Bahas Pelayanan Prima Kamseltibcarlantas Pada Libur Nasional Dalam Workshop Rekayasa Lalu Lintas Pelabuhan Merak

"Rencananya dalam pengamanan lebaran tahun ini, kami akan membentuk pos check point pada titik mudik sebagai dukungan program pemerintah tentang larangan mudik," kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo, melalui rilis resminya, Rabu (7/4/2021).

Rekayasa lalu lintas di dalam tol dan jalur arteri juga dilakukan, untuk memutar balik kendaraan pemudik. Rudy berharap tidak ada lagi 'kucing-kucingan' masyarakat agar bisa mudik ke Sumatera maupun sebaliknya.

Baca Juga:
Tinjau Pelabuhan Merak, Kapolri Pastikan Siapkan Upaya Wujudkan Mudik Aman untuk Masyarakat

"Rencananya kita melakukan pengalihan arus dan jalur mudik Lebaran di jalan tol Tangerang-Merak dan arteri," terangnya.

Selama musim mudik nanti Pelabuhan Merak tetap buka. Namun, kata Rudy, hanya melayani pelayaran barang, jasa hingga sembako. Khusus penumpang, sementara waktu ditiadakan.

Penutupan Pelabuhan Merak dilakukan sejak tanggal 6-17 Mei 2021. Harapannya, tidak ada masyarakat yang melakukan muslihat demi lolos dari pos penyekatan arus mudik.

"Mencegah masyarakat yang melakukan mudik Lebaran, kita dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak tidak melayani penyeberangan orang," kata GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, dalam rilis yang sama, Rabu (7/4/2021). (ds/sumber CNNIndonesia.com)