10 Bandara Terburuk di Dunia Versi Forbes

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 11/Apr/2021 22:35 WIB


Jakarta (BeritaTrans.com) - Bandara adalah tempat berkumpulnya jutaan orang untuk memulai atau mengakhiri sebuah perjalanan. 

Bandara juga menjadi tempat banyak orang beristirahat menunggu penerbangan berikutnya. Dimana lama menunggu ini bisa dalam hitungan menit hingga berjam-jam.

Karena menjadi tempat orang menunggu dan beristirahat dalam sebuah rangkaian perjalanan dekat maupun jauh, bandara terburuk dituntut memiliki fasilitas lengkap yang memenuhi standar keamanan juga kenyamanan.

Ketika banyak bandara yang berlomba menyuguhkan berbagai fasilitas yang memanjakan calon penumpang maskapai penerbangan, ada beberapa bandara yang justru memiliki fasilitas jauh di bawah standar.

Bandara-bandara ini akhirnya dimasukkan ke dalam daftar bandara terburuk yang pernah ada di dunia.

Menurut Forbes, ini adalah 10 bandara yang dinilai mengecewakan para calon penumpang si burung besi, berdasarkan review yang ditemukan di media sosial sepanjang tahun 2020. 

1. London Gatwick, Inggris

Bandara ini adalah bandara terbesar kedua yang ada di Inggris. Namun sayang, ia masuk dalam daftar bandara yang kurang memuaskan.

Apa pasal? Karena bandara ini dianggap gagal dalam mengatur regulasi pelayanan di dalam gedungnya.

Lounge dan ruang tunggu yang selalu penuh sesak membuat calon penumpang tak nyaman. Imbasnya bandara ini sering menuai protes dari banyak orang.

2. Billy Bishop Toronto, Kanada

Bandara yang memiliki pemandangan unik karena berada di kawasan tepi laut ini sayangnya ikut masuk ke dalam kategori bandara terburuk yang ada di dunia.

 

Billy Bishop Airport

 

Hal ini lantaran di dalam Billy Bishop, pelayanan makanan dan minumannya dianggap buruk. Sehingga bisa menurunkan rating meski ia berdiri di kawasan strategis yang dilengkapi pemandangan menyenangkan.

3. Bandara Porto, Portugal

Bandara harusnya memiliki tingkat kebersihan lebih bagus dari pusat transportasi lainnya seperti stasiun atau terminal bis.

Namun sayangnya, bandara di Portugal ini memiliki kualitas kebersihan yang kurang memuaskan. 

Review yang masuk dari calon penumpang rata-rata hampir sama. Yaitu mempermasalahkan soal kebersihan ruang tunggu dan rest room atau kamar mandi yang ada.

Di bandara ini, penundaan penerbangan juga sudah menjadi hal lumrah. Penundaan bahkan bisa terjadi hingga berjam-jam lamanya. 

4. Bandara Orly, Paris Perancis

Beda lagi dengan keluhan yang ditujukan untuk bandara yang ada di Paris ini.

Bandara Orly dikeluhkan memiliki pelayanan staf yang sangat buruk. Petugas yang kasar dan tak bersedia membantu, adalah yang diprotes oleh banyak calon penumpang.

Selain itu, harga makanan di bandara ini juga selangit. Dan tak sebanding dengan kualitas yang ada.

 

5. Bandara Manchester, Inggris.

Bandara yang cukup tersohor ini memiliki pelayanan dan kualitas bangunan yang sangat memadai. Namun sayangnya, ia terusak oleh beberapa hal kecil yang mungkin luput dari pemantauan manajemen.

Yaitu adanya kerawanan di area parkir, dimana beberapa mobil pernah dibobol kuncinya.

6. Bandara Internasional Malta

Bandara Internasional di Malta ini memiliki rating buruk dalam hal ketepatan jam penerbangan. 

 

Bandara internasional Malta

 

Hampir seluruh penerbangan di sana mengalami keterlambatan sehingga merepotkan banyak penumpang.

7. Henri Coandã International Airport, Romania

Bandara internasional di Romania ini memiliki daftar kritikan cukup panjang.

Mulai dari penanda arah di dalam gedung yang membingungkan, penundaan keberangkatan, ruang tunggu yang tak nyaman, hingga batas smoking area yang tak jelas. 

8. Bandara Eindhoven, Belanda

Di bandara ini, petugas kurang ramah adalah yang sering dikeluhkan oleh penumpang.

Selain itu, sering pula terjadi antrian panjang yang mengular yang dianggap sebagai kegagalan manajemen mengatur alur penumpang.

 

Bandar Udara Eindhoven Belanda

 

9. Bandara Internasional Kuwait

Di bandara ini, yang banyak dikeluhkan adalah susahnya transportasi dari dan menuju ke lobi utama bandara.

Juga adanya pelayanan yang kurang memuaskan dari para staf yang bertugas.

10. Bandara Lisbon Portela, Portugal

Bandara Lisbon menjadi bandara terburuk di dunia versi Airhelp. Berbagai review buruk dari penumpang adalah yang membuat Bandara Lisbon masuk ke dalam kategori ini.

 

Bandara Lisbon

 

Mulai dari antrean penumpang yang panjang, harga makanan yang tinggi, pelayanan staf yang tak ramah, dan masih banyak lagi keluhan yang masuk dari penumpang. (lia/sumber:kompas.com)