Hari Pertama Tes GeNose di Bandara Depati Amir Lancar

  • Oleh : Redaksi

Senin, 12/Apr/2021 18:00 WIB


PANGKALPINANG (BeritaTrans.com) - Hari pertama pelaksanaan  layanan tes GeNose  di Bandara Depati Amir, Pangkalpinang, Bangka Belitung, berjalan lancar, Senin (12/4/2021).

Baca Juga:
Bandara Depati Amir Pangkalpinang Sabet 2 Penghargaan ACI

Akun Twitter bandara tersebut menyebutkan tidak perlu waktu lama untuk pelaksaan tes bagi penumpang pesawat. Mulai pendaftaran hingga selesai hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Layanan yang sangat mempermudah masyarakat Bangka Belitung dalam memenuhi salah satu syarat perjalanan.

Baca Juga:
Sepanjang Februari, Penumpang di Bandara Depati Amir Tembus 101 Ribu

Sebelumnya Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengumumkan penumpang pesawat bisa menggunakan layanan GeNose mulai Senin (12/4/2021) di Bandara Depati Amir Pangkalpinang dan Bandara HAS Hanandjoeddin Belitung dengan tarif Rp 40.000.

"Dengan GeNose kita cukup menghembuskan nafas. Tak seperti rapid tes antigen atau tes PCR yang mengharuskan petugas kesehatan memasukkan lidi kapas ke rongga hidung untuk mengambil sampel," ungkap Erzaldi saat melakukan uji coba Penerapan GeNose C19 bertempat di Airport Health Center, Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga:
Jelang Imlek, Bandara Depati Amir Mencatat Pergerakan 3.000 Penumpang Per Hari

Disamping itu, gubernur membeberkan alasannya mendesak PT Angkasa Pura II untuk memberikan pelayanan GeNose di bandara, yaitu karena harga tes GeNose lebih terjangkau bagi kantong masyarakat. Hal ini tak seperti layanan pemeriksaan tes PCR dan rapid tes antigen yang lebih mahal.

"Kedua Bandara kita yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, merupakan bandara ketiga yang menerapkan layanan GeNose. Sebelumnya, Bandara Husein Sastranegara Bandung dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang," jelas Erzaldi.

Sebelumnya PT Angkasa Pura II (Persero) mencatat pada 1 April 2021 calon penumpang yang menggunakan layanan tes skrining Covid-19 dengan GeNose C19 sebanyak 449, di Bandara Husein Sastranegara, Bandung dan Bandara Sultan Badaruddin II, Palembang.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menyebutkan, jumlah tersebut merupakan kumulatif total di dua bandara yang dikelola perusahaan.

"Untuk di Bandara Husein Sastranegara pada 1 April 2021, tercatat ada 187 penumpang yang menggunakan layanan GeNose C19," kata Awaluddin dalam keterangannya, Jumat (2/4/2021).

"Kemudian, untuk di Bandara Sultan Badaruddin calon penumpang yang menggunakan layanan GeNose C19 mencapai 262 orang," lanjutnya.

Awaluddin juga mengatakan, pihaknya memperkirakan pada tahap awal ini jumlah pengguna GeNose C19 mencapai sekitar 10 persen sampai 15 persen dari total penumpang yang berangkat.

Selain itu Awaluddin juga menyebutkan, layanan GeNose C19 di Bandara Husein Sastranegara, Bandung dibuka mulai pukul 07.00 - 15.00 WIB.

"Kemudian untuk di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang dibuka pukul 06.00 - 18.30 WIB. Tarif layanan GeNose C19 di kedua bandara tersebut adalah Rp 40.000 per orang," kata Awaluddin.