Mantap, Program Airport Educational Tour Pertama di Indonesia Dihadirkan YIA

  • Oleh : Naomy

Rabu, 14/Apr/2021 12:24 WIB
Peluncuran Discovery YIA (API) Peluncuran Discovery YIA (API)

 


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Manyap, program Airport Educational Tour Pertama di Indonesia Dihadirkan di Yogyakarta International Airport (YIA).

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Ini bagian mendukung penguatan dan pertumbuhan perekonomian daerah serta pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Yogyakarta bekerja sama dengan PT Natra meluncurkan program "Discover YIA". 

Program ini merupakan komitmen PT Angkasa Pura I (Persero) dalam memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jasa bandara, sekaligus sebagai upaya mendukung keterbukaan informasi dan proses edukasi mengenai kearifan budaya lokal dan ikon-ikon Yogyakarta yang berada di YIA. 

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

"Discover YIA juga merupakan layanan yang ditujukan untuk mengakomodir masyarakat/publik dalam mengenal kebandarudaraan, serta profil YIA," jelas  Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I ( Persero) Devy Suradji, Rabu (14/4/2021).

Peluncuran Discover YIA diselenggarakan Senin (12/4/ 2021) oleh Direktur Utama PT Natra dan Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura I Devy Suradji, serta dihadiri Wakil Bupati Kabupaten Kulon Progo Fajar Gegana, PTS General Manager Bandara Internasional Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Project Manager Bandara Internasional Yogyakarta Taochid Purnama Hadi.

Baca Juga:
InJourney Airports Layani 7,4 Juta Penumpang selama Angkutan Lebaran

Hadir juga Komandan Satuan Radar 215 Congot Letkol. Nanang Mahfudi, Kepala Seksi  Pengelolaan Informasi Pariwisata Arinta Kurnia,  Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen dan Pacitan serta insan pariwasata di yoggyakarta anatara lain PHRI, GIPI, beserta jajaran perwakilan stakeholder yang beroperasi di Bandara Internasional Yogyakarta. 

"Bandara Internasional Yogyakarta bukan dibangun sekadar menjadi Airport saja tetapi menjadi bagian dari identitas dan kearifan masyarakat Yogyakarta, seperti adanya Taman Sari, Plekung Gading, Pasar Kota Gede bahkan sebagian dari bandara ini seperti mininya Yogyakarta," urai Devy.

Dengan adanya program Discover YIA, bisa lebih banyak cerita tentang apa yang dimiliki Yogyakarta melalui YIA.

Kini, orang bisa datang ke bandara dan sekaligus belajar. Apalagi bandara ini dibangun oleh putra bangsa.

Wakil Bupati Kulon Progo, Fajar Gegana, mengapresiasi wisata edukasi di Bandara YIA, yang digagas PT Angkasa Pura I (Persero). 

"Pengunjung bisa berkeliling bandara sehingga memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka, Kalau jadi penumpang biasanya menuju ruang tunggu dan langsung Boarding, pengunjung akan menikmati wisata edukasi yang disediakan oleh AP I ini bisa mengelilingi bandara dengan menggunakan bus," ungkap Fajar.

Dalam program Discover YIA, pengguna jasa akan diajak untuk berkeliling terminal bandara, serta menyusuri sisi udara  airside), mengunjungi Fire Station atau unit Pemadam Kebakaran dan Pertolongan Kecelakaan Pesawat (PK - PKP), menggunakan bus bebas pandang sehingga peserta dapat mengamati dan mengenali bandara dengan baik. 

Selain itu, pengguna jasa juga akan diperkenalkan pada berbagai fasilitas dan keunggulan YIA, termasuk Galeri UMKM di bandara terbesar di Indonesia, yaitu Galeri Pasar Kotagede. 

Bagi pengguna jasa bandara yang tertarik untuk mengikuti program DiscoverYIA, bisa menghubungi paling lambat H-7 sebelum jadwal pelaksanaan program melalui email [email protected] atau telp/WA 081578800111. 

"Jumlah peserta dalam satu kali program minimal 10 orang dan maksimal 20 orang," tutup Devy. (omy)