ASDP Tambah Kapal Penyeberangan Rute Padang-Mentawai

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 16/Apr/2021 22:12 WIB
Ilustrasi kapal penyeberangan. Ilustrasi kapal penyeberangan.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Manajemen PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) membuka layanan operasional penyeberangan dari Padang ke Mentawai, menggunakan KMP Tanjung Burang. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin mengatakan, hadirnya operasional KMP Tanjung Burang yang melayani penyeberangan dari Padang ke Mentawai dapat memperkuat konektivitas wilayah dan juga pengiriman logistik. 

Baca Juga:
ASDP Relokasi KMP Jatra II dari Lintas Merak-Bakauheni, Perkuat Lintas LDF Ketapang-Lembar

"Kami tentunya berharap dengan adanya KMP Tanjung Burang ini, maka akses transportasi penyeberangan masyarakat menjadi lebih mudah, lancar dan selamat," kata Shelvy dalam keterangannya, Jumat (16/4/2021). 

Shelvy juga menjelaskan, KMP Tanjung Burang yang belum lama direlokasi dari Banda Aceh ini akan menambah frekuensi layanan kapal ASDP dari Padang ke Mentawai. 

Baca Juga:
Tingkatkan Potensi Pendapatan IWKL, Jasa Raharja Bekasi Koordinasi Persuasif ke LLASDP Muaragembong Kabupaten Bekasi

"Sebelumnya, frekuensi layanan penyeberangan dari Padang ke Mentawai hanya dua unit kapal yaitu KMP Ambu-Ambu dan KMP Gambolo. Adanya KMP Tanjung Burang, maka tersedia tiga unit kapal yang melayani penyeberangan dari Padang ke Mentawai," ujar Shelvy. 

ASDP sendiri, menurut Shelvy, menjadi andalan transportasi penyeberangan khususnya bagi masyarakat dari Padang ke Mentawai, dengan melayani empat lintasan perintis dan komersial. 

Baca Juga:
Persiapan Jelang Angkutan Lebaran, ASDP Tingkatkan Fasilitas di Pelabuhan Merak

Shelvy jug menyampaikan apresiasi kepada seluruh pemangku kepentingan mulai dari Gubernur Sumatera Barat, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Barat, Kadishub Kota Padang serta Kepulauan Kabupaten Mentawai, Kepala BPTD Wilayah 3 dan KSOP Teluk Bayur. 

"Kami sungguh mengapresiasi kepada para pemangku kepentingan terkait,  yang telah mendukung peran ASDP dalam mendukung akses transportasi menuju Mentawai," kata Shelvy. 

Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah, hadirnya KMP Tanjung Burang ini merupakan upaya dalam percepatan pemerataan dan konektivitas transportasi laut yang meningkatkan efisien pergerakan orang dan barang terutama ke kepulauan Mentawai. 

"Maka dari itu sangat diperlukan sinergitas yang kuat antara pemerintah pusat, kabupaten serta kota, provinsi dan pihak swasta untuk mewujudkan konektivitas transportasi laut yang efisien," kata Mahyeldi.(fh/sumber:tribunnews)