Menhub Jajal Motor Listrik Buatan Anak Bangsa di Sosialiasi Kendaraan Listrik di Stasiun Bekasi Timur

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 18/Apr/2021 16:53 WIB
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mencoba motor listrik buatan anak bangsa pada sosialisasi kendaraan listrik di Stasiun Bekasi Timur, Jawa Barat, Ahad (18/4/2021). Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mencoba motor listrik buatan anak bangsa pada sosialisasi kendaraan listrik di Stasiun Bekasi Timur, Jawa Barat, Ahad (18/4/2021).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjajalal boot berbagai kendaraan listrik yang tersedia di booth pameran sosialisasi kendaraan listrik di Stasiun Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad 18 April 2021. 

Baca Juga:
Gojek Beralih ke Kendaraan Listrik pada 2030

Menteri tampak mencoba beberapa beberapa mobil listrik, motor listrik dan sepeda listrik yang terparkir di booth pameran. Adapun jumlah kendaraan yang dipamerkan ialah sebanyak 13 unit yang terdiri dari beberapa jenis tersebut. 

Di sela acara Budi Karya juga menyempatkan test and ride, berkeliling menggunakan motor listrik berjenis trail buatan anak bangsa, yaitu dari bengkel Petrikbike. 

Baca Juga:
Menhub Terus Upayakan Kendaraan Listrik Jadi Kebutuhan Massal

Sosialisasi kendaraan listrik kendaraan pribadi dan angkutan umum tersebut dimaksud untuk untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik dan agar mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. 

Baca Juga:
Aturan Konversi Motor Bensin ke Tenaga Listrik Mulai Sosialisasi

"Kita setiap saat mengingatkan, kendaraan listrik adalah tujuan kita," ujar Menteri Budi, pada sambutannya di acara, Ahad (18/4/2021). 

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya di Kementerian Perhubungan khususnya pejabat eselon satu sudah menggunakan kendaraan listrik sebagai penunjang transportasi. Dia berharap jajarannya hang lain dan pihak lain juga melakukan hal yang sam untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik. 

Dia juga menginginkan, berbagai produk kendaraan listrik dalam negeri tersebut bisa maju dan bersaing dan bisa dipasarkan dalam jumlah yang banyak. 

Sebagaimana diketahui, Melalui Peraturan Presiden tahun 2019 sudah mengeluarkan penggunaan kenadaraan listrik dan pula pada Peraturan Menteri tahun 2020, tentang lendaraan dengan penggunaan baterai sebagai referensi. 

Pada sosialisasi itu Menteri turut didampingi oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, Dirjen Perkeretapian Zulkifli, Kepala BPTJ Polana B Pramesti, Direktur Angkutan Jalan Ahmad Yani beserta jajarannya. Hadir pula Walikota yang diwakili Wakil Walikota Bekasi Triaydianto, Bupati Kabupaten yang diwakili oleh Asisten Daerah Kabupaten Bekasi Eriayan Sutyana Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo, Dirut KCI, berserta jajaran-jajarannya. (fahmi)